Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Restoran Jepang Terkecil di Jakarta Ini Sajikan Bento Premium Ukuran Jumbo

KOMPAS.com - Saat ini ada beragam usaha bisnis makanan berupa restoran yang menyajikan makanan khas Jepang di Jakarta. Salah satunya ada di kawasan Grand ITC Permata Hijau, Jakarta Selatan.

Hotaru Deli namanya, sebuah restoran yang menyajikan aneka menu premium khusus bento. Restoran ini berukuran cukup kecil, hanya muat untuk dua hingga tiga orang yang ingin makan di lokasi. 

"Awalnya konsep restoran ini hanya untuk take away dan delivery saja, tapi setelah jalan beberapa bulan, ada orang yang mau makan di sini, jadinya bikin untuk dine-in," kata Store Manager Hotaru Deli Alfiah saat ditemui oleh Kompas.com di gerai Hotaru Deli pada Rabu (31/8/2022).

Lebih lanjut dikatakan bahwa apabila ada pembeli yang ingin makan di tempat, sebaiknya melakukan pemesanan tempat satu hari sebelum waktu kedatangan.

  • Restoran Jepang Ini Beri Ayam Goreng Gratis untuk Pengguna WiFi
  • Kurabu Ramen, Restoran Jepang di Tangsel yang Pekerjakan Teman Tuli

"Memang disarankan untuk take away sih, kalau langsung ke sini takutnya ada pengujung yang datang juga," katanya.

Konsep makanan bawa pulang (take away) yang diterapkan oleh Hotaru Deli ini sejalan dengan jenis makanan yang disediakan, yakni bento.

"Kita menghadirkan bento, pasti identiknya dengan nasi. Kita itu mau menyajikan makanan khas restoran yang bisa dibawa pulang dan tetap enak saat tiba di rumah," ujar Alfiah. 

Ada beragam ukuran kemasan bento yang ditawarkan di Hotaru Deli, mulai yang kecil, menengah, hingga besar.

Bahan hingga bentuk kemasan yang proporsional pun sudah dilakukan uji coba agar menghindari makanan rusak saat sampai di tujuan. 

"Meskipun bisa di antar, tapi kita tidak asal terima pesanan yang datang. Kita pastikan dulu estimasi waktu sampai di tujuan tepat waktu. Kalau buru-buru, kami memilih untuk menolak dari pada konsumen kecewa," papar Alfiah.

Gerai bento premium khas Jepang ini buka sejak 1 September 2020, dan semakin dikenal luas oleh pasar saat pandemi karena bisa dilakukan pesan antar.

"Kita ramenya saat pandemi, kebanyakan costumer kita itu yang isoman," ucap Alfiah.

Uniknya, meskipun ukuran restoran ini cukup kecil tapi porsi bento yang disajikan kepada costumer terbilang cukup besar.

"Di sini kami ingin menyajikan makanan sesuai dengan gambar yang ditampilkan supaya costumer ga kecewa. Bahkan ada juga costumer yang kaget karena ukuran makanannya besar banget," kata Alfiah.

Saat ini ada sekitar 17 menu bento yang ditawarkan di Hotaru Deli, seperti Wagyu Sukiyaki, Unagi Don, Tokyo Layu Gyudon, Daikoku Ebo Ten-Don, Nikumiso Natto Udon, Salmon Don, Ebi Katsu & Shiromi Spicy Mentai Mayo, dan Salmon Don.

Lalu juga ada Sama Ume-Ni, Kaki Fry Fu Kaki Furai, Kara Cheese Oyako Don, Chicken Katsu Curry, Chicken Namban, Unagi Salmon Don, Ma Po Tofu & Larage Age, Yawaraka Beef Curry, Sumiyaki Saba-Shio.

Head Chef Central Kitchen Hotaru Deli Saukon Faizah mengatakan bahwa semua bahan yang digunakan di Hotaru Deli langsung didatangkan dari Jepang.

"Executive chef di sini orang Jepang asli, yang lagi booming di Tokyo itu diaplikasikan sama chef-nya di sini," kata Faizah saat ditemui oleh Kompas.com di gerai Hotaru Deli pada Rabu (31/8/2022).

Alfiah juga mengatakan bahwa harga makanan yang ditawarkan di sini pun sejalan dengan bahan premiun bento yang digunakan, yakni berkisar mulai dari Rp 88.000.

Bila ingin berkunjung ke lokasi atau memesan makanan, Hotaru Deli beroperasional setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. 


https://www.kompas.com/food/read/2022/09/01/183300875/restoran-jepang-terkecil-di-jakarta-ini-sajikan-bento-premium-ukuran-jumbo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke