Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resep Tumpeng Nasi Merah Lengkap, Makanan Sehat untuk Syukuran

KOMPAS.com - Sambut momen kebersamaan seperti syukur syukuran perayaan malam Tahun Baru Islam 2022 dengan sajian yang istimewa.

Nasi tumpeng dan aneka lauk sepertinya bisa kamu jadikan pilihan.

Jika biasanya tumpeng disajikan bersama nasi kuning, kini coba kreasikan dengan jenis nasi yang lain, seperti nasi merah.

Selain sehat dan kaya serat, cita rasa nasi merah juga tak kalah enak dibanding nasi kuning. Cara memasaknya yaitu dengan mencampur beras merah dan beras ketan bersama santan.

Tidak perlu membuat ukuran yang besar, tumpeng mini dengan tiga jenis lauk pelengkap mungkin cukup untuk disantap bersama keluarga di rumah.

Beberapa lauk pendamping tumpeng yaitu seperti urap sayur, tahu bacem, dan ayam suwir pedas.

Resep tumpeng nasi merah bisa dilihat di buku "Kreasi Unik & Cantik Nasi Tumpeng Mini: Sajian Purna Gizi Khas Indonesia" (2015) karya Nuraini Wahyuningsih & Dewi Priyatni terbitan PT Gramedia Pustaka Utama berikut. 

Cara membuat nasi merah:

1. Campur beras merah dan beras ketan lalu kukus di dalam dandang berisi air mendidih selama dua menit.

Setelah itu pindahkan ke dalam panci lalu tambahkan air panas dan aduk hingga air terserap dan kering.

2. Kukus kembali campuran beras dan ketan di dalam dandang berisi air mendidih sampai nasi matang dan tanak sekitar 30 menit. 

3. Cetak nasi merah yang masih panas menggunakan loyang berbentuk kerucut, lalu sajikan nasi merah dengan lauk tumpeng.

Cara membuat urap sayur:

1. Campur kelapa parut, daun jeruk, dan bumbu halus hingga rata, lalu bungkus bumbu urap di dalam daun pisang. Kukus bumbu urap di dalam dandang berisi air mendidih selama 20 menit. 

2. Hidangkan aneka sayuran rebus dengan campuran bumbu urap. 

Cara membuat tahu bacem:

1. Campur semua bahan bacem di dalam wajan, lalu masak sampai air menyusut dan kering. Setelah itu goreng tahu di dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan.

2. Angkat dan sisihkan tahu bacem untuk lauk tumpeng.

Cara membuat ayam suwir pedas:

1. Tumis bumbu halus menggunakan minyak panas hingga harum lalu masukkan serai, lengkuas, dan daun salam. Masak sembari diaduk hingga bumbu berubah warna menajdi kecoklatan.

2. Tambahkan santan dan ayam suwir, lalu masak sembari diaduk hingga bumbu meresap ke dalam daging ayam. Angkat dan sajikan ayam suwir pedas untuk lauk tumpeng.

Buku "Kreasi Unik & Cantik Nasi Tumpeng Mini: Sajian Purna Gizi Khas Indonesia" (2015) karya Nuraini Wahyuningsih & Dewi Priyatni terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli secara online di Gramedia.com. 

https://www.kompas.com/food/read/2022/07/23/073200675/resep-tumpeng-nasi-merah-lengkap-makanan-sehat-untuk-syukuran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke