Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Resep Masakan Ayam Berkuah, Bukan Cuma Sup

KOMPAS.com - Ayam merupakan salah satu protein yang mudah diolah. Bahan masakan ini bisa dikreasikan menjadi aneka masakan. 

Jika bosan dengan olahan ayam goreng, coba buat hidangan ayam berkuah. Sajian ini dapat dinikmati untuk lauk sehari-hari karena mudah cara membuatnya. 

  • 16 Resep Ayam Goreng Sederhana untuk Lauk Sehari-hari
  • 8 Resep Ayam Suwir, Lengkap dengan Cara Bikin Bumbu agar Harum

Selengkapnya, berikut 15 resep masakan berkuah yang bisa menjadi inspirasi. 

1. Sup ayam komplet

Sup ayam bisa jadi pilihan jika kamu ingin menyantap hidangan berkuah segar. Sajian ini cocok dinikmati saat sedang sakit atau cuaca dingin.

Sebagai pelengkap, kamu bisa membuatnya dengan tambahan aneka sayuran, seperti wortel, kol, brokoli, kentang, dan jagung. 

  • Resep Sayur Sop Ayam Komplet, Masak Pakai Rice Cooker
  • Resep Sop Ayam Rempah, Makanan Enak Peningkat Imun Tubuh

Jika tak punya kompor, kamu bisa memasaknya dengan rice cooker.

Caranya, tumis dulu bumbu halus lalu tuang air dan masukkan bahan satu per satu. Kemudian, masak hingga matang.

2. Sup ayam korea pedas

Jika bosan dengan sup ayam bening, coba buat sup ayam korea pedas atau biasa disebut dakdoritang. 

Bumbu sup ayam ini memakai gochujang, gochugaru, cuka beras, jahe, kecap asin, dan minyak wijen. Dalam pembuatannya biasanya ditambahkan kentang dan wortel. 

Cara membuatnya, campur air dengan semua bumbu lalu masak ayam hingga kecoklatan. Kemudian, masukkan kentang, wortel, dan bawang bombai lalu masak sampai semua bahan matang. 

  • Resep Sup Ayam Korea Pedas Bernama Dakdoritang, Makanan saat Hujan
  • Resep Sop Ayam Pedas, Lauk Makan Hangat Saat Cuaca Mendung 

3. Timlo solo 

Timlo solo sebetulnya mirip seperti sup ayam bening tapi isiannya lebih beragam. Ada telur pindang, ampela ayam, serta sosis solo. Penyajiannya biasanya dengan sambal kecap. 

Sajian ini cocok dinikmati untuk makan malam karena kuahnya segar. Cara membuatnya sebetulnya mudah tapi makan waktu karena ada banyak kondimen. 

Semur ayam bisa jadi pilihan hidangan berkuah untuk lauk sehari-hari. Saat memasak semur ayam, kamu bisa menambahkan jamur, kentang, tahu, atau telur untuk pelengkapnya. 

Bumbu semur ayam cukup sederhana. Jika punya stok bumbu dasar putih, cukup tambahkan bumbu lain seperti kecap manis, cengkih, pala, dan kayu manis. 

  • Resep Masakan Lebaran yang Mudah, Coba Bikin Semur Ayam Kentang
  • Resep Semur Ayam Rice Cooker, Masakan Kuah Hangat yang Praktis

5. Soto ayam bening

Soto ayam cocok dinikmati dalam segala suasana, baik ketika terik atau hujan. Sajian ini bisa diisi dengan suwiran ayam, ceker, ataupun kepala. 

Untuk pelengkap, bisa ditambahkan soun atau bihun, potongan kol, kubis, dan taoge. Sementara untuk bumbunya memakai beberapa rempah, di antaranya serai, daun salam, merica, dan kemiri. 

Ada beberapa kreasi opor ayam yang biasa dibuat, salah satunya opor ayam putih.

Bumbu opor ayam putih ini mirip seperti opor kuning. Namun tidak menggunakan kunyit. Jika suka, bisa pula ditambahkan tahu untuk pelengkapnya. 

  • Resep Opor Ayam Putih, Tambahkan Tahu untuk Pelengkap
  • Resep Bumbu Opor Ayam Putih, Hidangan Lebaran Idul Adha

7. Kalio ayam 

Kalio sebetulnya adalah rendang setengah jadi. Bumbu khas Padang ini dapat dimasak menggunakan ayam. 

Karena memakai ayam, proses memasaknya pun lebih praktis dan mudah. Untuk memasaknya, cukup tumis semua bumbu lalu masukkan ayam dan beri santan cair. 

Ciri kalio sudah masak yakni ayam mulai empuk dan kuahnya mengental. 

8. Garang asem 

Garang asem cocok dinikmati untuk makan siang karena rasanya asam segar. Hidangan ini umumnya dimasak menggunakan daun pisang. 

Namun jika tidak punya kamu bisa memakasnya dengan pinggan tahan panas. Untuk memberi rasa asam, biasanya garang asem dimasak dengan blimbing wuluh. 

Walau begitu kamu bisa menggantikan dengan tomat hijau jika sulit mendapatkan belimbing.

9. Sayur lodeh ayam 

Lodeh dapat dimasak bersama sayap ayam supaya praktis. Jadi, kamu tak perlu memasak lauk lagi. 

Bumbu masakan berkuah ini sederhana, cukup pakai bumbu dasar putih, beberapa rempah, dan santan. Sayuran untuk isiannya pun dapat disesuikan dengan stok bahan yang ada di rumah. 

10. Samgyetang 

Samgyetang adalah sup ayam gingseng khas Korea Selatan yang bisa meningkatan imunitas. Hidangan ini umumnya dimasak dengan satu ekor ayam dan gingseng Korea. 

Penyajiannya bisa dengan saus cocolan yang terbuat dari minyak wijen, cabai, garam, dan bawang bombai. 


11. Kari ayam

Kari ayam bisa menjadi pilihan jika kamu ingin membuat masakan berkuah pedas. Jika tak ingin repot kamu bisa memasak kari ayam dengan bumbu instan 

Namun supaya bumbunya lebih nendang sebaiknya tambahkan rempah lain, seperti daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas, dan lada. 

12. Gulai ayam

Gulai ayam cocok dijadikan sebagai lauk sehari-hari dan dinikmati dengan nasi atau ketupat. Sajian ini bercita rasa gurih dan medok karena memakai santan dan kaya akan rempah. 

Racikan bumbunya terdiri dari cabai, bawang-bawangan, ketumbar, kunyit, serai, dan kemiri. Lalu ada pula daun aromatik seperti daun salam, daun jeruk, dan daun kari. 

Opor ayam bumbu kuning tak harus dinikmati saat Lebaran, bisa pula dibuat sebagai lauk sehari-hari.

Untuk membuat opor ayam kuning ini kamu bisa memakai stok bumbu kuning yang ada di rumah.

Cara membuatnya, tumis bumbu tersebut lalu tambahkan aromatik dan masukkan ayamnya. Selanjutnya, beri santan cair lalu masak sampai matang. 

  • Resep Opor Ayam Bumbu Kuning untuk Sajian Lebaran
  • Resep Bumbu Opor Ayam Kuning Kental untuk Makan Ketupat Saat Idul Adha

14. Tongseng ayam 

Tongseng tak melulu harus dari daging sapi atau kembing, bisa juga memakai ayam. Cita rasa gurih dan pedasnya pas disajikan sebagai lauk makan siang. 

Saat membuat tongseng ayam sebaiknya memakai santan peras agar lebih gurih. Selain itu tambahkan pula cabai rawit utuh untuk menambah rasa pedasnya. 

  • Resep Tongseng Ayam Pedas yang Simpel, Bikin buat Makan Malam
  • Resep Tongseng Ayam Sederhana dengan 3 Langkah Masak

15. Soto ayam santan 

Ada banyak kreasi masakan ayam berkuah yang bisa dibuat, salah satunya soto ayam santan. Soto ayam ini bisa dimasak dengan bumbu dasar kuning lalu diberi santan instan. 

Namun sebelum memasak bumbu dan lainnya, sebaiknya ayamnya direbus dulu agar rasa kuahnya lebih gurih. Penyajiannya bisa dengan kol, telur, dan bihun. 

https://www.kompas.com/food/read/2022/02/27/130400975/15-resep-masakan-ayam-berkuah-bukan-cuma-sup-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke