Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Restoran Makanan Indonesia di Jakarta untuk Hari Ibu, Tawarkan Suasana Nyaman

KOMPAS.com - Hari Ibu dapat dirayakan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan makan bersama keluarga.

Selain menikmati masakan di rumah, kamu juga bisa mengajak ibu untuk menyantap beragam makanan khas Indonesia di restoran.

Beberapa restoran di Jakarta ini menawarkan sajian khas Indonesia yang nikmat. Tak hanya itu, restoran ini juga memiliki desain ruangan menarik dan suasana yang nyaman.

Selengkapnya, simak tujuh rekomendasi restoran makanan Indonesia dengan suasana nyaman di Jakarta berikut ini.

1. Seribu Rasa

Kamu bisa memilih tempat bersantap nyaman di dalam atau luar ruangan saat mengunjungi Seribu Rasa.

Seribu Rasa memiliki beberapa cabang di Jakarta. Salah satunya berlokasi di Jalan Haji Agus Salim 128 Menteng, Jakarta Pusat.

Restoran ini menawarkan beragam masakan khas Indonesia, seperti Chicken Satay Nusantara, Gulai Fish Head Tasik, Jimbaran Fried Fish, Sambal Udang Bukit Tinggi, Black Pepper Squid Malioboro, dan Daun Singkong Tumbuk.

Selain itu, Seribu Rasa juga menjual Seafood Fried Rice Sunda Kelapa, Mie Jawa, Dawet Durian Banjar, Pisang Goreng Parahyangan, dan Singkong Gondo Arum.

Makanan dan minuman di Seribu Rasa dijual dengan harga mulai Rp 20.000 hingga Rp 190.000 per porsi.

Jika ingin melakukan reservasi di Seribu Rasa, kamu dapat menghubungi nomor 021 3928 892 atau datang langsung setiap hari mulai pukul 11.00–22.00 WIB.

2. Plataran Dharmawangsa

Plataran Dharmawangsa memiliki konsep tempat makan ala keraton Jawa berupa rumah Joglo yang dibuat kayu terbaik berusia 150 tahun.

Tempat makan yang mendapat julukan Restoran Indonesia Terbaik di Jakarta oleh Tatler Indonesia menyediakan beragam masakan khas Nusantara yang cocok kamu santap bersama keluarga.

Menu di Plataran Dharmawangsa di antaranya adalah Udang Nagih, Tahu Nenek, Asinan Sayur Betawi, Oyong Telur Puyuh, Nasi Goreng Kecombrang, Ayam Bakar Joglo, Sate Ayam, Rendang Sapi Singkong, Empal Cabe Ijo, dan Tumis Buncis Ayam.

Restoran yang memiliki kapasitas hingga 200 tamu ini juga menyediakan pertunjukan budaya Indonesia dan musik yang ditampilkan pada waktu tertentu.

Plataran Dharmawangsa berlokasi di Jalan Dharmawangsa Raya Nomor 6, Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Kamu dapat mengunjungi Plataran Dharmawangsa setiap hari mulai pukul 11.00-21.00 WIB atau melakukan reservasi terlebih dulu di nomor 021 290 44 167.

 

3. Tugu Kunstkring Paleis

Tugu Kunstkring Paleis memiliki ruangan megah dan bersejarah yang sudah dibangun sejak 1914.

Beberapa menu yang tersedia di Tugu Kunstkring Paleis adalah Bitterballen, Sate Lembut Betawi, Gulai Iga Kambing, Ayam Goreng Lengkuas, Kuah Acar Ikan Blimbing Wuluh, Gado Gado Djakarta, Tempee Goreng Lengkuas, dan Nasi Goreng Nonya Old Recipe.

Satu sajian khas Indonesia di Tugu Kunstkring Paleis ditawarkan seharga Rp 24.000 hingga Rp 200.000-an.

Tidak hanya menyantap hidangan lezat, kamu juga dapat menikmati karya seni kreatif dari dari seniman dunia di Tugu Kunstkring Paleis, seperti Vincent van Gogh, Pablo Picasso, Paul Gauguin, dan Marc Chagall. 

Tugu Kunstkring Paleis yang berlokasi di Jalan Teuku Umar Nomor 1, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat ini buka setiap hari mulai pukul 11.00-00.00 WIB.

Kamu dapat melakukan reservasi sebelum mendatangi Tugu Kunstkring Paleis di  021 390 0899.

Tesate menawarkan beragam menu khas Indonesia, seperti Sate Kambing Muda, Kakap Bakar Dabu-Dabu, Cumi Bakar Rica, Kerapu Bakar Jimbaran, Tongseng Sengkel, dan Sop Buntut.

Selain itu, ada juga Sayur Lodeh Wagyu, Ongseng Kecipir, Lontong Laksa Seafood, 
Nasi Goreng Buntut Bumbu Belacan, Mie Goreng, dan Nasi Goreng Kampung.

Satu porsi menu di Tesate dijual dengan harga mulai dari Rp 30.000 sampai dengan Rp 200.000-an.

Kamu dapat melakukan reservasi sebelum datang ke Tesate melalui 021 3193 1250 atau datang langsung ke Jalan Sam Ratulangi Nomor 39 Menteng, Jakarta Pusat.

Tesate buka setiap hari mulai pukul 10.00 - 20.00 WIB.

5. Harum Manis

Harum Manis menyediakan masakan Indonesia asli serta desain ruang makan yang memiliki sentuhan kontemporer Jawa.

Restoran yang mengambil nama dari permen kapas  ini menawarkan beragam menu manis layaknya harum manis.

Beberapa menu di Harum Manis adalah Lapis Putri Ayu, Unti Ijo Celebes, Dieng Es Podeng, Pisang Goreng Putri Salju, Durian Brulle, dan Colenak Nyi Iteung.

Selain itu, ada juga menu gurih, seperti Bihun Goreng Jawa, Rendang Bakar Tali Jiwo, Ayam Goreng Selimut Lengkuas, Ikan Gurame Bakar Genjeran, Nasi Rawon Pasar Turi, dan Nasi Campur Nusantara.

Makanan dan minuman di Harum Manis dijual dengan harga mulai Rp 40.000 sampai dengan Rp 500.000-an. 

Kamu bisa langsung mengunjungi Harum Manis di Apartemen Pavilion, Retail Arcade, Jalan K.H. Mas Mansyur Nomor 24, Karet Tengsin, Jakarta setiap hari mulai pukul 11.00–21.00 WIB atau melakukan reservasi terlebih dahulu di 021 5794 1727.

6. Agneya Restaurant

Kamu bisa ajak ibu beserta keluarga untuk menyantap masakan khas Indonesia dengan suasana nyaman di Agneya Restaurant.

Agneya Restaurant menyediakan beberapa ruang makan, seperti ruang depan, ruang makan elegan, ruang privat, serta ruang makan loteng yang dibatasi langsung dengan jendela besar.

Menu di Agneya Restaurang di antaranya adalah Lontong Cap Go Meh, Dendeng Sapi Sambal Balado, Ayam Bakar Gurih Komplit, Jagung Goreng Keriting, Tahu Gejrot, Lumpia Goreng, dan Gado-gado.

Agneya Restaurant terletak di Jalan Wijaya IX Nomor 23, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dan buka setiap hari mulai pukul 11.00-21.00 WIB.

Kamu dapat melakukan reservasi terlebih dahulu di 021 7392430.

7. Remboelan

Desain interior Remboelan hampir sepenuhnya dibuat dari kayu serta tambahan dedaunan dan lampu yang memberi kesan nyaman bagi para tamu.

Remboelan menjual beragam masakan tradisional Indonesia yang bisa kamu nikmati bersama ibu dan keluarga.

Menu Remboelan di antaranya adalah Bistik Ayam Renyah, Buncis Renyah Jimbaran, Cumi Lada Garam Nusa Penida, Gulai Kepala Ikan Putri Minang, Mie Rebus Pesisiran, Nasi Bakar Cumi Gurih, Empal Gentong Cirebon, Pindang Ikan Jawa, dan Gado Gado Semarang.

Ada juga makanan penutup manis di Remboelan, seperti Malkis Tape Semarang, Roti Bakar Es Puter, Pisang Goreng, dan Roti Bakar Selai Kacang Susu.

Salah satu cabang Remboelan berlokasi di Lotte Shopping Avenue Jalan Prof Dr Satrio Kavling 3-5 Lantai 3, Kuningan, Jakarta Selatan.

Kamu bisa mendatangi restoran makanan Indonesia ini setiap hari mulai pukul
09.00–22.00 WIB atau melakukan reservasi terlebih dulu di 021 2988 8882.

https://www.kompas.com/food/read/2021/12/22/093600475/7-restoran-makanan-indonesia-di-jakarta-untuk-hari-ibu-tawarkan-suasana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke