Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Bikin Bakso Malang Goreng, Pendamping Makan yang Selalu Ada

KOMPAS.com - Bakso malang terkenal memiliki isian gorengan yang melimpah. Salah satunya, adalah bakso goreng yang kenyal dan renyah.

Cara membuat bakso goreng untuk isian bakso malang tidak sulit. Berikut, ada cara membuat bakso malang goreng dari bikin adonan hingga cara goreng bakso goreng.

Dihubungi oleh Kompas.com, M. Ali Wahdani selaku penanggung jawab Bakso President Malang membagikan tips membuat bakso malang goreng di rumah.

“Kalau di kita, gorengannya itu beda. Bedanya terbuat dari daging udang dan ikan tenggiri. Pakai sedikit daging ayam juga. Penggunaan udang sama tenggiri itu biar rasanya enak.” ujarnya kepada Kompas.com pada Selasa (16/11/2021).

2. Penggunaan jenis tepung untuk bakso malang goreng

Selain menggunakan daging ayam atau seafood, kamu juga perlu memperhatikan penggunaan jenis tepung. Hal ini untuk membuat tekstur bakso malang goreng bisa cetak saat akan digoreng.

“Kita pakai tepung tapioka untuk membuat gorengannya. Nanti semua bahan dicampur sampai adonan bisa dicetak.” jelas Ali.

3. Penggunaan bahan yang dihaluskan

Tidak lupa, Ali menyarankan untuk menggunakan bahan yang dihaluskan seperti bawang putih, bumbu penyedap, dan garam.

“Pakai bahan pada umumnya, seperti bawang putih, bumbu penyedap, dan garam. Tidak lupa juga, pakai daun bawang biar sedap.” pungkasnya.

4. Cara goreng bakso malang goreng

Ada cara goreng bakso malang goreng yang bisa kamu ikuti. Pertama, gunakan minyak panas. Ali menyarankan untuk menggunakan minyak panas dan banyak saat menggoreng bakso goreng.

“Kalau menggoreng bakso gorengnya itu harus pakai minyak panas dan banyak. Jadi, biar adonan itu sampai tenggelam.” tutur Ali.

Pastikan bakso tenggelam dalam minyak panas dan mengapung saat sudah matang.

“Tandanya biar tahu baksonya matang itu nanti baksonya muncul ke permukaan gitu.” imbuhnya.

https://www.kompas.com/food/read/2021/11/17/201700675/4-cara-bikin-bakso-malang-goreng-pendamping-makan-yang-selalu-ada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke