Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Saran Makanan untuk Vegan Pemula, Bukan Cuma Sayuran

KOMPAS.com - Sajian vegan bukan terdiri dari 100 persen sayuran, melainkan aneka bahan nabati, seperti buah, kacang-kacangan, biji-bijian, dan umbi-umbian.

Vegan umumnya hanya mengonsumsi berbagai bahan makanan berbasis nabati, seperti yang sudah disebutkan. Namun, ada saran isi makanan yang bisa diikuti oleh vegan pemula.

Dr Susianto, MKM, President of World Vegan Organisation (WVO) & Vegan Society of Indonesia (VSI) mengatakan, vegan pemula bisa mengikuti panduan porsi makan Isi Piringku dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia.

"Sudah ada pedoman umum dari Kemenkes ya, tidak usah konsul ke ahli gizi. Jadi sepertiga isi piring kita makanan pokok itu kan nabati. Tidak wajib makan nasi, boleh ganti kentang ubi jagung silakan," tutur Susianto pada Kompas.com, Rabu (3/11/2021).

Melansir laman Kemenkes, simak panduan Isi Piringku yang bisa diterapkan oleh semua orang, termasuk vegan pemula berikut ini.

  • Makanan pokok, bisa berupa nasi atau sumber karbohidrat lainnya, sebesar satu per tiga dari isi piring. Nasi sebanyak 150 gram, kentang sebanyak 150 gram, atau 75 gram mi kering.
  • Sayuran sebanyak satu per tiga dari isi piring atau 150 gram per porsi. Bisa gunakan takaran satu mangkuk sedang.
  • Buah sebanyak satu per enam bagian dari isi piring. Bisa makan dua potong pepaya sedang, dua buah jeruk sedang, atau 50 gram pisang ambon.
  • Lauk pauk sebanyak satu per enam bagian dari isi piring. Bisa berupa lauk hewani, seperti 75 gram ikan kembung atau dua potong sedang ayam tanpa kulit. Bisa juga lauk nabati berupa 50 gram tempe atau 100 gram tahu.

Susianto mengatakan, panduan makan secara umum yang ditetapkan oleh Kemenkes, terdiri dari 92 persen bahan makanan nabati.

"Coba dihitung, sayur-sayuran, buah-buahan itu makanan nabati semua kan? Seperenam lagi dibagi dua, lauk pauk hewani dan lauk pauk nabati. Jadi hewani seperduabelas atau cuma delapan persen. Jadi anjuran pemerintah, sekali makan itu harus 92 persen nabati," jelas Susianto.

Variasikan sayur dan buah setiap makan

Menurut Founder Sehat Seutuhnya Willy Natanael Yonas, seorang vegan pemula tidak perlu pusing untuk mengatur porsi makanan nabati. Cukup ikuti panduan Isi Piringku yang disarankan oleh Kemenkes.

"Itu kan guideline umum ya. Itu tuh gampang banget untuk diikuti. Jadi kalau kita makan siang, liat saja isi piringnya komposisinya sesuai gak dengan apa yang disarankan oleh ?Kemenkes," kata Willy pada Kompas.com, Rabu (3/11/2021).

Selain mengikuti panduan makan Isi Piringku dari Kemenkes bisa diikuti perlahan untuk para vegan pemula. Willy menyarankan, sebaiknya mengonsumsi sayur dan buah yang bervariasi setiap kali makan.

"Jadi makan kita bervariasi, sayurnya tidak cuma itu-itu saja, buahnya tidak cuma itu-itu saja, itu sudah bisa memenuhi semua kebutuhan nutrisi kita gitu," jelas Willy.

Willy berharap, masyarakat Indonesia bisa menerapkan saran panduan makan Isi Piringku dan tidak lagi tertinggal dengan konsep 4 sehat 5 sempurna seperti pada 1990-an.

"Isi piringku yang disarankan kan memang air putih. Jadi ya memang kita sudah tidak butuh susu sapi ya itulah ya ini masih perlu banyak konsep yang perlu diubah juga di masyarakat dan melihat bahwa makanan nabati ini bisa memenuhi 100 persen kebutuhan gizi kita," pungkasnya.

https://www.kompas.com/food/read/2021/11/07/130700775/saran-makanan-untuk-vegan-pemula-bukan-cuma-sayuran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke