Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resep Ote-ote Porong Asli untuk Jualan, Pakai Kedelai Putih

KOMPAS.com - Ote-ote khas Porong, Sidoarjo memiliki kekhasan rasa dibandingkan ote-ote pada umumnya.

Pasalnya, ote-ote porong terbuat dari kedelai putih yang direndam sampai lunak dan diblender hingga halus bersama bumbu lainnya.

Kedelai yang sudah dihaluskan diaduk dengan tepung beras dan bawang putih. Setelah itu digoreng dengan aneka bahan untuk isiannya, seeprti daging ayam, tiram, tuna, dan lain-lainnya.

Tertarik untuk mencobanya? Ikuti resep ote-ote porong untuk 10 buah dari buku “Makanan Kaki Lima Paling Diminati - 25 Resep Gorengan” (2013) oleh Dapur Alma terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep ote-ote porong

Bahan:

Kulit:

Isi:

Cara membuat ote-ote porong

  1. Blender kacang kedelai, bawang putih, dan air hingga lembut. Tambahkan tepung beras dan garam, aduk-aduk sampai rata.
  2. Panaskan dua sendok makan minyak goreng dalam wajan. Tambahkan dengan bawang putih, tumis hingga harum. Masukkan ayam, masak lagi hingga setengah matang, tambahkan kecap manis dan gula. Masak hingga matang, tuang minyak wijen dan angkat.
  3. Panaskan minyak sebanyak 1,5 L dalam wajan, siapkan sendok sayur yang telah direndam dalam minyak panas.
  4. Ambil sedikit adonan kacang kedelai, lalu oleskan tipis-tipis di dalam sendok sayur. Isi sendok sayur dengan daun bawang, rumput laut, dan tumisan ayam. Tutup adonan dengan kulit dan goreng kembali tipis-tipis. Masukkan ke dalam wajan dan tunggu selama satu menit lalu ketuk-ketuk hingga ote-ote terlepas dari sendok sayur. Lakukan penggorengan hingga kedua sisi berwarna kecoklatan, angkat dan sajikan dengan cabai rawit.

Buku “Makanan Kaki Lima Paling Diminati - 25 Resep Gorengan” (2013) oleh Dapur Alma terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

https://www.kompas.com/food/read/2021/09/30/090700275/resep-ote-ote-porong-asli-untuk-jualan-pakai-kedelai-putih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke