Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

16 Bahan Pelengkap Es Campur, Ada Selasih dan Tapai Ketan

KOMPAS.com - Takjil identik dengan hidangan yang manis dan menyegarkan. Kamu dapat membuat aneka hidangan es untuk menu takjil.

Beberapa menu bisa kamu buat ialah es campur, es buah, ataupun sop buah. Selain buah-buahan, ada banyak bahan pelengkap yang bisa ditambahkan ke dalam es yang kamu buat.

Dengan bahan-bahan ini, es campur buatanmu akan lebih lengkap dan enak.

1. Buah-buahan 

Buah-buahan merupakan salah satu isian penting yang tak boleh dilewatkan saat membuat es campur atau es lainnya. 

Jenis buah yang bisa digunakan cukup beragam, seperti nanas, pepaya, melon, pisang, dan masih banyak lainnya. 

Kamu dapat memilih aneka buah yang rasanya manis atau sedikit masam supaya es campurnya lebih enak. 

2. Cincau 

Cincau terbuat dari pati daun cincau. Di pasaran ada dua jenis cincau yang bisa dijual, yakni cincau hitam dan cincau hijau. 

Untuk membuat es campur atau es buah, pilihlah cincau yang kenyal dan tidak berlendir. Namun jangan pilih yang terlalu kenyal karena bisa jadi mengandung pengawet. 

Selasih merupakan kelurga tumbuhan sweet basil. Namun yang bisa digunakan untuk minuman ialah bagian bijinya. 

Biji selasih berbentuk butiran halus berwarna hitam bening. Biasanya selasih dijual dalam bentuk kering atau sudah direndam dalam air sehingga bijinya sudah mengembang. 

3. Biji chia 

Biji chia bentuknya mirip dengan selasih. Namun ukurannya sedikit lebih besar dan berbentuk oval. Warna biji chia pun berbeda-beda. Ada yang hitam, keabuan, dan coklat, dan juga putih. 

Biji chia juga direndam dalam air supaya mengembang dan bisa digunakan untuk pelengkap es. 

Agar-agar memiliki tekstur kenyal tapi sedikit padat dan keras. Kamu dapat menambahkan agar-agar saat membuat es campur atau aneka hidangan es lainnya. 

Gunakannya agar-agar yang rasanya sesuai dengan es yang dibuat supaya lebih pas. Misalnya, ketika membuat es kopyor, maka gunakan agar-agar rasa kelapa muda atau original. 

5. Jeli

Jeli hampir mirip dengan agar-agar. Bedanya, tekstur jeli lebih kenyal dan tidak keras.

Tekstur jeli yang kenyal dan rasanya segar cocok menjadi pelengkap es campur atau sop buah. Pilihlah jeli dengan rasa buah-buahan agar sop buah lebih enak dan segar.

Beberapa hidangan es, seperti es blewah atau es kolak bisa diberi tambahan kolang-kaling. 

Sebelum ditambahkan ke dalam hidangan, baiknya kolang-kaling dicuci dan direndam atau direbus terlebih dulu supaya tidak keras. 

Selain menjadi bahan pelengkap, kolang-kaling juga dapat dijadikan manisan yang segar. Cocok disajikan sebagai menu takjil buka puasa. 

7. Siwalan 

Siwalan adalah sejenis palma yang biasa tumbuh di Sulawesi Selatan. Bijinya yang masih muda dan lunak dapat digunakan untuk pelengkap es dawet atau es campur. 

Dari segi rasa dan bentuk, siwalan mirip dengan kolang-kaling. Namun siwalan lebih berair dan sedikit lunak. 

8. Tapai singkong

Beberapa hidangan es seperti es teler atau es campur, bisa diberi tambahan tapai singkong yang manis dan segar. 

Tapai singkong dapat membuat rasa es campur lebih lezat dan beraroma. Sebelum dicampur ke dalam es, tapai singkong baiknya dihancur terlebih dulu. 

Tapai ketan adalah makanan yang terbuat dari beras ketan yang sudah difermantasi. Biasanya tapai ketan berwarna putih, hijau, dan hitam. 

Di Indonesia, tapai ketan biasa disantap langsung atau dijadikan minuman. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan tapai ketan untuk pelengkap es campur. 

Esa campur yang diberi tambahan tapai ketan akan lebih segar dan lezat. Apalagi jika disiram dengan kuah santan dan sirop cocopandan. 

10. Hunkue

Tepung hunkue terbuat dari pati kacang hijau. Teksturnya kenyal dan aromanya sedikit wangi. 

Tepung hunkue biasa dimasak seperti agar-agar. Setelah padat, hunkue bisa digunakan untuk membuat berbagai hidangan, seperti es hunkue atau pelengkap es campur.  


 

Cendol adalah makanan yang terbuat dari sagu aren, tepung beras, dan hunkue. Biasanya cendol berbentuk bulatan panjang dengan tekstur yang empuk tapi sedikit kenyal. 

Cendol kerap digunakan untuk membuat berbagai hidangan es, seperti es teler atau es campur.

Bahkan ada pula es cendol yang biasa disajikan dengan kuah santan dan gula merah.  

12. Dawet 

Dawet hampir mirip dengan cendol. Namun bahan pembuatannya sebetulnya berbeda.

Dawet terbuat dari hunkue dan tepung beras saja, sedangkan cendol biasanya juga dicampur sagu aren. Keduanya sama-sama digunakan untuk membuat es yang segar. 

Di samping es dawet, dawet pun bisa dimanfaatkan untuk pelengkap sop buah, es campur, maupun es kolak. 

Sagu mutiara terbuat dari tepung sagu yang dicetak dalam bulatan kecil. Bentuk sagu mutiara seperti manik-manik dengan warna merah, putih, atau hijau. 

Sagu mutiara dimasak terlebih dulu sebelum digunakan sebagai pelengkap es. Kamu dapat memasak sagu mutiara dengan merebusnya di air panas sampai berwarna bening. 

14. Kelapa muda 

Kelapa muda cocok dijadikan sebagai pelengkap es campur atau sop buah. Kamu bisa menggunakan kelapa muda kopyor atau kelapa muda sintetis. 

15. Roti tawar

Beberapa penjual es juga menambahkan roti tawar ke dalam hidangannya. Roti tawar bisa ditambahkan pada aneka es seperti es doger, es kacang hijau, ataupun es teler. 

Roti tawar yang digunakan untuk pelengkap es umumnya dipotong berbentuk dadu kecil.  

https://www.kompas.com/food/read/2021/04/20/170400175/16-bahan-pelengkap-es-campur-ada-selasih-dan-tapai-ketan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke