Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tempat Lontong Kikil yang Terkenal Enak di Surabaya, Ada Kikil Bu Sugeng

KOMPAS.com - Lontong kikil sapi, masakan khas Surabaya yang kuahnya kental dan kaya rempah. Bisa coba di tempat makan lontong kikil enak dan terkenal di Surabaya.

Salah satu lontong kikil terkenal di Surabaya adalah Kikil Sapi Waru Jaya dan Lontong Kikil Bu Sugeng.

Selain dua tempat di atas, berikut tempat makan kikil terkenal di Surabaya yang bisa masuk daftar kulineran.

1. Kikil Sapi Waru Jaya

Menurut Suryatravel.tribunnews.com, tempat makan kikil ini populer di kalangan warga Surabaya, Sidoarjo, dan sekitarnya. Termasuk legendaris, karena sudah berdiri sejak 1975. 

Kikil Sapi Waru Jaya ini lokasinya bukan di tengah Kota Surabaya, melainkan perbatasan Surabaya dengan Sidoarjo.

Tepatnya berada di Jalan Raya Waru Nomor 18, Kedungrejo, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo.

Menurut Instagram @kikilsapiwarujaya_official, tempat makan legendaris di Surabaya ini buka pukul 10.00 - 22.30 WIB. Harga satu porsi lontong kikil sekitar Rp 30.000.

2. Lontong Kikil Bu Sugeng

Tempat makan kikil terkenal di Surabaya selanjutnya berada di Jalan Ratna, Ngagel, Kecamatan Wonokromo. Namanya, Lontong Kikil Bu Sugeng.

Datang ke lokasi, kamu akan menemukan gerobak coklat besar dan tempat duduk sederhana. Kalau mau merasakan lontong kikil ala Bu Sugeng, bisa mulai pukul 05.00 WIB.

Harga satu porsi lontong kikil di sini Rp 30.000-an. 

3. Kikil Sapi Kutai Jaya

Kikil Sapi Kutai Jaya bertempat di Jalan Kutai Nomor 40, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya. Tempat makan legendaris di Surabaya ini sudah berdiri sejak 1994.

Menurut aplikasi ojek online, kamu dapat menyantap satu porsi lontong kikil dengan modal lebih kurang Rp 44.000. Namun, harga di tempat bisa saja berbeda.

Kikil Sapi Kutai Jaya biasanya buka pukul 14.00-22.00 WIB.


 

4. Kikil Sapi Bronggalan

Kikil Sapi Bronggalan dapat menjadi tujuan wisata kuliner kikil di Surabaya. Berlokasi di Jalan Bronggalan Nomor 26, Pacar Kembang, Kecamatan Tambaksari.

Warung ini biasanya jualan pada pukul 13.00 - 21.30 WIB. Namun, bisa saja sebelum waktu tutup lontong kikil sudah habis. Jadi, tidak ada salahnya menghubungi dulu sebelum berkunjung.

Siapkan bujet lebih kurang Rp 35.000 untuk satu porsi lontong kikil.

5. Kikil Sapi Lodoyo

Sebelumnya, Kikil Sapi Lodoyo berlokasi di Jalan Pucang Anom Timur, tetapi pindah lokasi ke Jalan Ngagel Jaya Tengah Nomor 27, Pucang Sewu, Kecamatan Gubeng.

Biasanya, tempat makan kikil di Surabaya ini buka pukul 16.00-22.00 WIB. Nikmati satu porsi kikil sapi dengan modal Rp 27.000-an.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Di antaranya adalah memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat celsius.

https://www.kompas.com/food/read/2021/03/01/162025275/5-tempat-lontong-kikil-yang-terkenal-enak-di-surabaya-ada-kikil-bu-sugeng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke