Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mencoba Makanan Taco Bell Indonesia, Taco Supreme, Rice Bell, dan Nachos

KOMPAS.com - Taco Bell resmi membuka gerai pertama mereka di Indonesia pada Jumat (18/12/2020) di kawasan Senopati, Jakarta Selatan.

Kompas.com berkesempatan untuk mencicipi berbagai sajian dari menu Taco Bell. Taco Bell adalah restoran cepat saji ala Amerika Serikat yang terinspirasi dari makanan Meksiko.

Taco Bell punya peran penting memperkenalkan hidangan Meksiko ke dunia. Sebab restorannya tersebar di hampir 30 negara, kini termasuk di Indonesia.

Maka ketika berkunjung ke Taco Bell, pengunjung akan mendapati menu dengan nama makanan Meksiko terkenal seperti burrito, nachos, quesadilla, dan taco.

Uniknya, Taco Bell Indonesia ini rasanya sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

"Kami melakukan proses panjang sejak 2018 untuk membawa Taco Bell ke Indonesia," GM Marketing PT. Fast Food Indonesia, Hendra Yuniarto ditemui di Taco Bell Senopati, Selasa (15/12/2020).

Pada 2019, PT. Fast Food Indonesia yang menaungi Taco Bell juga KFC melakukan survei rasa ke pasar. Dari sana rasa Taco Bell Indonesia diracik.

Kompas.com mencoba Taco Supremes, Bell Rice, dan Loaded Nachos.

Taco Supremes adalah sajian tradisional khas Meksiko yang aslinya diapit roti tortilla. Uniknya roti tortilla di Taco Bell ini diganti dengan nachos (keripik jagung) berukuran besar berbentuk seperti kantung.

Di dalamnya berisi daging sapi giling, selada, salsa tomat dan bawang, sour cream, serta keju cheddar. Isinya super padat, saat taco digigit, isiannya bisa tumpah karena saking padatnya.

"Porsi Taco Bell Indonesia ini menyesuaikan porsi Taco Bell Amerika Serikat, karena memang itu peraturan dari pusat," kata Hendra.

Rasa dan tekstur Taco Supreme ini bisa dibilang sangat kaya.

Ada rasa asam, manis, gurih, kriuk garing dari lapisan tortilla yang serupa nachos. Tak lupa yakni pedas rempah ala Meksiko.

Hal lain yang menonjol adalah kesegaran bahan sayuran yakni selada, tomat, dan bawang bombai yang teksturnya masih sangat garing. Ada juga keju cheddar dengan parutan cukup besar dan melimpah.

Taco Supreme adalah makanan paling Kompas.com rekomendasikan untuk kamu yang baru pertama kali mencoba Taco Bell.

Rasanya kenyangnya juga tidak berat, memungkinkan kamu mencoba sajian lain.

Sambil makan Taco Supreme, Kompas.com menyantap Loaded Nachos. Sekali lagi porsi makanan ini terbilang besar, paling cocok makan bersama teman atau keluarga.

Nachosnya mirip dengan tortilla yang dipakai pada Taco Supreme, ada saus guacamole dari alpukat.

Namun, guacamole terbilang di luar ekspetasi dari guacamole asli yang pedas dan asam.

Guacamole Taco Bell lebih creamy dan manis. Hal ini bisa jadi karena rasanya disesuaikan dengan lidah orang Indonesia hasil survei berlangsung.

Masih belum kenyang, Kompas.com mencoba Rice Bell. Sajian ini adlaha salah satu yang paling unik. Sebab Taco Bell Indonesia melakukan penyesuaian terhadap selera orang Indonesia.

"Rice Bell asli nasinya seperti risotto, ketika disurvei ke orang Indonesia banyak yang mengkritik nasinya seperti tidak matang," jelas Hendra.

Alhasil dibuatlah nasi versi pulen dan tambahan sambal korek. Topping lain ada daging sapi giling, salsa tomat dan bawang bonbai segar, serta selada.

Rice Bell dibuat dengan teknik yang mereupai dari Rice Bell di Amerika Serikat, yakni diberi bumbu pada saat pemasakan.

Rasa bumbu ini mengingatkan akan nasi kebuli, tapi versi lebih asam. Warna nasi merah kecokelatan.

Rice Bell semakin mantap kalau kamu aduk semua topping dengan nasi. Tekstur dan rasanya menyatu dengan baik, tak terkecuali sambal korek yang pedas.

Namun teknik aduk ini agaknya akan sulit diterima "tim bubur tidak diaduk". Jadi sesuaikan cara makan dengan selera.

Beda dengan yang lain versi Rice Bell terbilang masih normal, tidak begitu jumbo.

Kamu juga bisa menambahkan makananmu dengan saus saset dari Taco Bell yang rasanya unik yakni Hot dan Fire.

Rasa Hot seperti saus sambal tetapi lebih asam, sementara Fire rasanya mirip Tabasco tetapi lebih pedas.

Kompas.com lantas memilih minuman untuk menemani makan yakni Ice Butterfly Pea Tea alias teh bunga telang dingin. Minuman ini disajikan dengan gula terpisah, sehingga kemanisan bisa diatur sesuai selera.

Keunggulan Taco Bell juga ada pada minumannya, mereka memberikan pilihan minuman non soda yang cukup banyak dan harganya terjangkau.

Menu minuman di Taco Bell terdiri dari minuman Soda, Freeze, Kopi panas dan dingin, Teh panas dan dingin, Mocktail, dan Milkshake yang terbagi lagi menjadi berbagai rasa minuman.

Bagi yang memberli minuman soda, Taco Bell menyediakan mesin free flow alias ambil minum sendiri sepuasnya.

Saran Kompascom, jika ingin menyantap Taco Bell sebaiknya makan di tempat dan segera.

Sebab jika dikonsumsi tidak dalam waktu cepat, tekstur makanan cepat berubah.

Pihak Taco Bell merekomendasikan pengantaran makanan dalam tempo 30 menit dan makanan dikonsumsi paling lama 1,5 jam setelah pembuatan.

Secara keseluruhan bersantap di Taco Bell Indonesia bisa dibilang pengalaman menyenangkan. Sebab restoran ala Meksiko di Indonesia masih sangat sedikit. Jika ada, kebanyakan ekslusif.

Harga makanan dan minuman di Taco Bell berkisar Rp 15.000 - Rp 80.000. Harga tersebut terbilang sesuai dengan porsi makanan yang besar.

Kehadiran Taco Bell membawa angin segar bagi para pencinta makanan Meksiko yang berbumbu medok, bertekstur meriah, dengan harga yang terjangkau.

https://www.kompas.com/food/read/2020/12/18/150900175/mencoba-makanan-taco-bell-indonesia-taco-supreme-rice-bell-dan-nachos

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke