Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sejarah Gula di Dunia, Sejak Kapan Dikonsumsi oleh Manusia?

KOMPAS.com - Gula dikenal sebagai pemanis serbaguna. Gula dianggap sebagai komoditas tertua di dunia. Artinya, keberadaan gula sudah ada sejak lama di dunia.

Namun, kapan tepatnya gula muncul dan sejak kapan manusia menggunakan gula pada makanan?

Berikut ini perjalan awal muncul dan berkembangnya gula tebu dilansir dari Sugar.

Sebelum munculnya gula tebu

10.000 SM: Sebelum gula menguasai dunia, madu adalah pemanis yang digunakan untuk makanan.

Ada dua madu yang digunakan saat itu, madu dari lebah dan getah manis dari pohon.

Madu lebah digunakan oleh orang-orang di negara tropis. Sementara getah manis pohon dimanfaatkan oleh orang-orang dari negara dengan iklim bersalju. 

Kelahiran gula tebu

8.000 SM: Dilansir dari Saveur, gula tebu pertama kali dibudidayakan di Nugini.

Kala itu ditemukan bahwa penduduk New Guinea (saat ini Papua Nugini) mengunyah tebu mentah untuk menikmati manisnya,

2.000 tahun kemudian, tebu dikirim ke Filipina dan India. Praktik budidaya tebu tersebar di seluruh Asia Tenggara, China, dan India melalui perdagangan lintas laut. Kemudian gula tebu pertama kali dimurnikan di India.

400-350 SM: Gula mulai digunakan dalam resep makanan India. Termasuk puding beras dengan susu, makanan barley manis, dan minuman fermentasi dengan jahe.

327 SM: Orang Yunani dan Romawi berkunjung ke India untuk belajar tentang gula. Nearchus, jenderal Alexandria, sampai menulis tentang bagaimana India menghasilkan pemanis tanpa menggunakan madu lebah maupun sari buah.

Pengetahuan tentang gula ini kemudian dibawa kembali ke Mediterania dan diperdagangkan ke dokter untuk tujuan medis. Salah satu fungsi gula pada era itu untuk mengobati gangguan pencernaan dan penyakit perut.

600 M: Mulai tahun ini gula di India dikristalkan untuk pertama kalinya, tepatnya pada masa dinasti Gupta. Budidaya dan metode pengolahan gula juga mencapai daerah Persia (saat ini mayoritas kawasan Iran)

Teknologi mengkristalkan gula ini menyebar ke Mediterania dengan ekspansi Persia ke seluruh Mesopotamia (saat ini kawasan Irak).

650 M: Orang Arab juga menanam, memurnikan, dan memasak dengan gula. Mereka mulai menggunakan gula sebagai makanan yang istimewa untuk keluarga kerajaan dan orang paling kaya.

Mereka memadukan gula dengan kacang almond untuk menciptakan manisan yang dapat dibentuk. Sampai saat ini manisan tersebut masih populer dan disebut marzipan.

Orang Arab dikenal handal mengolah gula, sehingga pada masa itu orang Arab dikenal sebagai pembuat gula paling murni dan paling putih.

900-1099 M: Orang Eropa yang menaklukkan Yerusalem pada Perang Salib mempelajari detail produksi gula dari sana. Kala itu gula merupakan komoditas menguntungkan di Yerusalem.

Ketika tentara kembali ke Eropa, mereka membawa gula ke tempat asal untuk dibudidayakan. Kemudian nama gula semakin meluas di seluruh Eropa.

1390 M: Pengepresan gula lanjutan dikembangkan dengan menggandakan jumlah jus yang diperoleh dari tebu.

Gula dibudidayakan untuk pemurnian skala besar untuk pertama kalinya di Madeira (lepualauan di Portugal) pada akhir periode ini.

Sekitar 70 kapal terlibat dalam perdagangan gula Madeira.

1480 M: Orang Portugis membawa gula ke Brasil. Perkebunan dan pabrik tebu dibangun di sana. Para petani Portugis membuat kejuan teknologi dalam produksi gula.

Pabrik tebu dikembangkan di Pulau Santa Catarina, bersama dengan 2.000 pabrik lainnya di sepanjang Pantai Utara Brasil.

Sekitar 3.000 pabrik gula dibangun di Karibia dan Amerika Selatan. Produksi gula Brasil akhirnya mendominasi industri gula dunia.

1600 M: Pada titik ini, kopi, teh, dan cokelat telah mencapai Eropa. Kedatangan mereka secara drastis meningkatkan konsumsi gula dan permintaan akan gula. Kala itu gula berhasil melampaui popularitas alkohol di Eropa.

1710 M: Gula menjadi komoditas yang sangat populer, mewakili 20 persen dari semua impor Eropa. Menjelang akhir abad, koloni Inggris dan Prancis di Hindia Barat (wilayah kepulauan di Karibia) menghasilkan 80 persen pasokan gula dunia.

1800-an M: Gula masuk ke dalam industri canggih. Banyak pabrik gula besar muncul. Pabrik gula terbesar dan paling berteknologi maju di dunia dibuka di Williamsburg, Long Island, Amerika Serikat. 

https://www.kompas.com/food/read/2020/10/15/181100375/sejarah-gula-di-dunia-sejak-kapan-dikonsumsi-oleh-manusia-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke