Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Citra Rempah Asal Indonesia Butuh Dibantu Kajian Ilmiah

Hanya beberapa komoditas yang dianggap marketable atau bisa dipasarkan saja yang banyak diteliti.

Hal itu diungkapkan peneliti Indonesia di Ghent University di Belgia, Sidi Menggala, yang menjadi salah satu pembicara webinar International Forum on Spice Route 2020 sesi Redefining the Spice Route through Socio-cultural Interconnectivity, Senin (21/9/2020).

“Kondisi rempah Indonesia kalau dari sisi peneliti dikelompokkan dalam konsep penelitian NUUS atau Neglected Under Utilized Species. Jadi tematik penelitian yang jarang diteliti,” kata Sidi dalam sesi diskusi webinar tersebut.

“Kalau kita coba lihat berbagai artikel ilmiah, kebanyakan yang dari Indonesia yang ditulis secara saintifik itu cenderung pada komoditas yang biasa atau marketable," kata Sidi. 

Ia mencontohkan tanaman yang banyak diteliti adalah kelapa sawit. Sementara rempah seperti pala dan kayumanis masih minim penelitian.

Perkuat dari sisi saintifik

Sidi sendiri merupakan peneliti kayu manis di Ghent University yang ada di Belgia.

Menurutnya, masih banyak miskonsepsi soal rempah Indonesia. Salah satunya adalah kesalahpahaman soal para petani kayu manis.

Menurutnya, banyak orang menyebutkan bahwa proses panen kayumanis yang dilakukan di Indonesia seperti di Kalimantan bukanlah proses yang berkelanjutan.

Padahal dari penelitian yang dilakukan, Sidi mengaku bahwa hal itu tak terjadi.

“Dari ekspedisi yang saya lakukan untuk kayumanis di Kalimantan, petani di sana hanya ambil kayumanis yang muat di tas punggung mereka,” papar Sidi.

“Mereka ketika panen, langsung menanam ulang. Hal itu yang jadi temuan saintifik yang saya tulis sebagai artikel ilmiah bahwa Indonesia masih mengakomodir dan menghormati proses terhadap alam,” sambung dia.

Maka dari itu, menurutnya aspek saintifik yang diperoleh dari penelitian-penelitian seperti inilah yang harus diperkuat untuk memperbaiki citra Indonesia terkait proses panen rempah.

https://www.kompas.com/food/read/2020/09/22/114605675/citra-rempah-asal-indonesia-butuh-dibantu-kajian-ilmiah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke