Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Tips Masak Galbi, Iga Panggang ala Korea agar Lebih Mantap

KOMPAS.com - Gemar menyantap makanan Korea? Pasti tak asing dengan makanan bernama galbi. Makanan Korea ini adalah daging iga sapi panggang dengan bumbu manis gurih.

Cara membuat galbi terbilang tak begitu rumit, tetapi kamu harus meluangkan waktu lebih banyak untuk membuat sajian ini. Sebab waktu yang dibutuhkan bisa lebih dari 1 jam agar bumbu galbi menyerap.

Pekan lalu #MasakdiRumahAja menampilkan resep Korean BBQ Ribs atau galbi. Kompas.com  bersama Executive Chef Novotel and Ibis Styles Jakarta Mangga Dua Square, Adhi Firdaus, menampilkan demo masak melalui Live Instagram @kompas.travel.

Kalau kamu tak sempat menyaksikan sesi ini jangan khawatir, di bawah ini sudah tercantum tips memasak dari Chef Adhi.

Ada beberapa tips yang harus diperhatikan saat memasak galbi. Mulai dari pemilihan daging hingga pemakaian bumbu. Berikut beberapa tips memasak galbi dari Chef Adhi:

1. Memilih daging

Galbi biasanya terbuat dari daging sapi bagian short ribs. Namun kalau kamu ingin menikmati galbi dengan daging yang lebih tebal bisa penggunakan potongan iga sapi.

“Kalau aslinya dari Korea pakai short ribs, potongannya pendek-pendek lalu dimarinasi kemudian dibakar dan dipotong-potong dan dimakan,” papar Chef Adhi kepada Kompas.com, Senin (14/9/2020).

Ia juga mengatakan jika resep membuat galbi tak terikat dengan daging yang digunakan. Namun demikian kamu perlu memerhatikan kualitas daging yang hendak dimasak.

Sebab dengan kualitas daging yang baik akan menimbulkan rasa masakan yang nikmat.

2. Pengganti bahan bumbu galbi

Bumbu galbi dibuat dengan beberapa bahan seperti soy sauce, bawang putih, cuka putih, minyak wijen, corn syrup, dan masih banyak lagi. Bahan-bahan yang digunakan bisa diganti dengan bahan lain yang rasanya sama.

“Kalau kita ingin mempraktikkan di rumah pasti kita akan memanfaatkan berbagai bahan yang ada di dapur, nah kalau ada bahan yang tidak ada bisa diganti dengan bahan yang lebih sederhana dan tersedia di dapur,” katanya.

Misalkan dalam penggunaan corn syrup, kamu bisa menggantinya dengan gula pasir.

Kamu bisa menggunakan teknik masak ungkep jika memilih menggunakan iga biasa, bukan short ribs. Chef Adhi memaparkan jika iga sapi harus dimasak lebih lama ketimbang short ribs agar dagingnya empuk.

Jadi iga sapi akan diungkep dengan semua bumbu yang digunakan untuk memasak galbi.

“Kalau takaran 500 gram daging iga sapi, bisa diungkep sekitar 1 jam jangan lebih. Kalau menggunakan panci presto cukup 30 menit saja,” ujarnya.

Ia juga menyarankan untuk merebus daging dengan api yang kecil agar rasa bumbunya lebih merasuk dan dagingnya matang merata.

Daging iga cukup dimasak hingga menjadi empuk.

Daging yang diungkep lebih baik dimasak sesuai dengan durasi yang disarankan, karena kalau tidak daging akan hancur dan sulit dibakar atau dipanggang.

Sebab galbi identik dengan daging yang dibakar usai dibumbui.

https://www.kompas.com/food/read/2020/09/16/220200175/3-tips-masak-galbi-iga-panggang-ala-korea-agar-lebih-mantap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke