Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resep Cupcakes Infused Coffee, Cara Baru Nikmati Kopi

Baik dari rasa yang digunakan untuk adonan kue, sampai topping yang digunakan. Kamu bisa menggunakan ganache, butter cream aneka rasa, dan topping lain sesuai selera.

Salah satu kreasi cupcake yang unik adalah menggunakan infused coffee di dalam adonan kuenya. Hal itu yang coba dilakukan oleh Delicakes Bakery.

Delicakes Bakery yang bekerja sama dengan Nespresso Indonesia menciptakan kreasi dessert cupcake infused coffee menggunakan varian Barista Creations terbaru dari Nespresso.

Dewi Utari, Founder dan Baker Delicakes Bakery menggunakan campuran kapsul Barista Creations varian rasa Cocoa Truffle untuk cupcake dengan rasa dasar cokelat.

“Untuk cupcake base-nya kan cokelat, ku mau tingkatkan rasanya dengan menonjolkan kopinya. Aku pilih Cocoa Truffle supaya serasi sama base cokelat itu,” kata Dewi saat peluncuran Nespresso Barista Creations Dessert Flavoured Coffee, Kamis (18/6/2020).

Di kesempatan yang sama, Dewi membagikan resep serta cara pembuatan Cupcake Infused Coffee ini. Resep yang ia bagikan ini bisa digunakan untuk membuat satu lusin cupcake.

2. Kemudian, campur mentega dengan icing sugar, lalu kocok dengan hand mixer sampai mengembang.

3. Jika sudah mengembang, mulai masukkan telur. Masukkan telur satu per satu sambil terus dikocok.

4. Sisihkan adonan telur dan mentega, lalu mulai campur adonan basah dan adonan kering. Untuk adonan basah, campurkan susu dengan vanilla essence dan aduk hingga rata.

5. Untuk adonan kering, campurkan tepung dengan baking soda dan baking powder. Aduk lebih dulu dengan hand whisk agar mengembang.

6. Jika adonan basah dan adonan kering sudah tercampur, kemudian campurkan dengan adonan mentega dan telur tadi.

7. Bagi dua adonan basah dan kering, lalu masukkan setengah adonan kering lebih dulu. Kocok sampai rata. Kemudian masukkan setengah adonan basah, dan kocok sampai rata.

Ulangi kedua langkah tersebut satu per satu sampai adonan basah dan kering tercampur rata.

8. Jika sudah, baru masukkan cocoa powder dan kopi ekstrak yang suhunya tidak panas. Kocok lagi adonan hingga merata.

9. Lanjutkan dengan mengaduk adonan dengan menggunakan spatula agar sisa-sisa adonan yang ada di bagian pinggir mangkuk bisa tercampur seluruhnya.

“Jangan aduk adonan terlalu lama, nanti bisa jadi dense atau tidak terlalu fluffy. Lipat seperti angka delapan ini supaya adonan rata,” jelas Dewi.

10. Setelah itu, masukkan adonan ke dalam loyang cetakan cupcake yang sudah dialasi kertas cupcake.

11. Pastikan adonan terbagi rata. Untuk memastikannnya, kamu bisa menggunakan scoop es krim agar jumlah adonan sama rata ukurannya nantinya.

12. Jika sudah, masukkan dan panggang di dalam oven hingga matang. Cupcake pun sudah siap untuk kamu hias.

13. Untuk hiasannya, kamu bisa menggunakan apa pun sesuai selera. Dewi menggunakan ganache cokelat yang sudah dibuat sebelumnya dan sudah dicampur dengan ekstrak kopi Barista Creations varian Caramel Crème Brulee.

14. Dewi juga menggunakan sprinkles, crumb, dan cocoa powder untuk membuat cupcake terlihat seperti cocoa truffle.

https://www.kompas.com/food/read/2020/06/23/171200675/resep-cupcakes-infused-coffee-cara-baru-nikmati-kopi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke