Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Ganjar Pranowo Atasi Mahalnya Biaya UKT di Perguruan Tinggi

Kompas.com - 05/02/2024, 14:23 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengungkapkan strateginya untuk mengatasi polemik tingginya uang kuliah tunggal (UKT) di perguruan tinggi.

Salah satu cara yang akan dipakai Ganjar adalah dengan mengadakan kembali sistem seperti kredit mahasiswa Indonesia (KMI).

Baca juga: Ganjar Pranowo: Program Internet Gratis Bisa Atasi Masalah Kesenjangan

"Dulu era senior-senior saya, senior kami saya kira, termasuk kakak saya sendiri punya KMI kalau tidak salah, kredit mahasiswa Indonesia," kata Ganjar di debat capres terakhir, Minggu (4/2/2024).

Ganjar menjelaskan, pada program KMI mahasiswa diberikan kesempatan untuk kredit biaya kuliah dan membayar kembali biaya tersebut ketika sudah bekerja.

Selain menggunakan KMI, Ganjar pun menilai perlu proporsionalitas pembiayaan UKT dengan pemberian klaster sesuai dengan kemampuan calon mahasiswa.

"Maka liberalisasi yang harus dihentikan ini menurut saya mesti dimaintain dengan proporsionalitas," ujarnya.

"Yang dikerjakan oleh perguruan tinggi pun dia harus bisa menunjukkan UKT dengan klaster-klaster pembiayaan seperti ini dia diperuntukkan untuk kalangan yang memang sesuai dengan strata mereka," tambah Ganjar.

Asal tahu saja, belakangan ini biaya UKT telah menjadi polemik setelah Institut Teknologi Bandung (ITB) melarang mahasiswanya yang belum bayar UKT melakukan perwalian.

Polemik ini semakin berkepanjangan setelah mahasiswa ITB mengungkap bahwa pihak kampus merekomendasikan siswa yang belum bisa bayar UKT untuk membayar lewat aplikasi pinjaman online (pinjol) bernama Danacita.

Baca juga: Anies Baswedan: Beban Administrasi Dosen Harus Dikurangi

Pada mekanisme pinjol itu, mahasiswa diminta untuk membayar cicilan bulanan berikut dengan bunga yang ditetapkan sekitar 3 persen.

ITB juga sudah memberikan penjelasan bahwa pihaknya tidak pernah memaksa mahasiswa untuk membayar UKT lewat pinjol Danacita.

Baca juga: Kerek Jumlah Dokter, Prabowo Akan Beri Beasiswa ke 10.000 Siswa Lulusan SMA

Selain Danacita, ITB juga menyediakan pembayaran UKT lewat kartu kredit, cicilan dari kampus, hingga mahasiswa mengajukan keringanan biaya UKT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com