Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Pranowo: Pendidikan dan Kebudayaan Harus Dibangun Bersama

Kompas.com - 04/02/2024, 21:11 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo menilai aspek pendidikan dan kebudayaan harus berjalan beriringan.

Hal itu dia ungkapkan saat membacakan visi misi di sesi debat final capres dengan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi pada Minggu (4/2/2024).

Baca juga: Prabowo Janji Akan Tambah 300 Fakultas Kedokteran di Indonesia

"Pendidikan dan kebudayaan mesti kita bangun bersama-sama," kata Ganjar dalam sesi debat yang disiarkan Kompas TV.

Ganjar mengatakan, dunia pendidikan di Indonesia memerlukan akses pendidikan dan kurikulum yang baik, lebih inklusi, serta fasilitas yang memadai.

Tidak hanya itu, nasib guru dan dosen  juga perlu diperhatikan, sehingga jika seluruhnya sudah berjalan dengan beriringan maka tidak akan lagi terjadi sikap diskriminatif.

"Ada dua yang utama, kelompok perempuan yang kedua adalah penyandang disabilitas. Tolong betul agar sekolah makin inklusi dan mereka tidak mendapatkan perlakuan yang diskriminatif," ujar mantan Gubernur Jawa Tengah ini

Ganjar melanjutkan, kualitas pendidikan yang baik nantinya juga akan membantu warga Indonesia mendapatkan pekerjaan dan membuat lapangan pekerjaan.

Baca juga: Jadi Cawapres Anies Baswedan, Ini Rekam Jejak Pendidikan Cak Imin

"Setelah itulah kemudian baru mereka bekerja dan tentu saja keterampilan yang dia dapatkan melalui pendidikan yang baik akan bisa mendorong atau bisa merespons lapangan kerja di sana terbuka dan upah buruh yang baik," pungkas Ganjar Pranowo.

Debat pamungkas Pilpres diikuti oleh ketiga capres, yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Debat terakhir ini mengangkat sejumlah tema, yakni, kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Baca juga: Profil Ganjar Pranowo: Pendidikan hingga Karier Politik

Semua capres ini akan bersaing memperebutkan suara rakyat di Pemilu 2024 yang akan digelar pada 14 Februari 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com