Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerek Jumlah Dokter, Prabowo Akan Beri Beasiswa ke 10.000 Siswa Lulusan SMA

Kompas.com - 05/02/2024, 11:23 WIB
Sania Mashabi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon presiden (Capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto berjanji akan memberikan beasiswa pada 10.000 siswa SMA atau sederajat untuk kuliah kedokteran di luar negeri.

Prabowo mengatakan, pemberian beasiswa itu dilakukan untuk menambah jumlah dokter di Indonesia yang saat ini sudah memasuki tahap krisis.

Baca juga: Prabowo Janji Akan Tambah 300 Fakultas Kedokteran di Indonesia

"Kami juga akan mengirim 10.000 anak-anak pintar lulusan SMA kami akan beri dia beasiswa ke luar negeri untuk belajar kedokteran," kata Prabowo debat capres terakhir yang disiarkan Kompas TV, pada Minggu (4/2/2024).

Tak hanya beasiswa kuliah kedokteran, Prabowo juga berencana memberikan beasiswa untuk 10.000 lulusan SMA atai sederajat menempuh pendidikan jurusan sains, teknologi, dan teknik.

Selain itu, Prabowo ingin mengatasi kekurangan jumlah dokter dengan menambah fakultas kedokteran di Indonesia.

"Kami akan menambah fakultas kedokter di Indonesia. Dari yang sekarang 92 kita akan membangun 300 fakultas kedokteran," ujarnya.

Demikian juga dengan kesejahteraan guru, Prabowo berencana ingin memperbaiki semua gaji guru termasuk guru honorer dan meningkatkan kompetensi mereka.

Baca juga: Ganjar Pranowo: Program Internet Gratis Bisa Atasi Masalah Kesenjangan

Gaji untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri, sebut dia, juga penting untuk diperbaiki nominal gajinya.

"Harus kami perbaiki gajinya, sehingga mereka bisa memberi pada rakyat dengan sebaik-baiknya," jelas Prabowo Subianto.

Dalam visi dan misinya, Prabowo pun berencana memberikan makan siang gratis untuk anak-anak sekolah agar semua gizinya terpenuhi.

Baca juga: Anies Baswedan: Beban Adminiatrasi Dosen Harus Dikurangi

Apabila gizi terpenuhi, Prabowo akan meningkatkan kualitas anak Indonesia yang akhirnya berpengaruh pada kenaikan perekonomian Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com