Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Program INOVASI, Kemenag Tingkatkan Mutu Pendidikan Madrasah

Kompas.com - 29/11/2023, 16:00 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) lewat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) terus berupaya melakukan peningkatan mutu pendidikan di Madrasah.

Sekertaris Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, Rohmat Mulyana mengatakan, salah satu cara yang dilakukan adalah menjalin kemitraan di bidang pendidikan dengan pemerintah Australia melalui program INOVASI (Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia).

Baca juga: Madrasah Alami Perubahan Luar Biasa sejak 1980

Dia mengatakan, Kemenag mengapresiasi program kemitraan yang sudah berjalan sejak Januari 2016 sampai dengan 2023.

Menurut dia, Kemenag banyak mendapatkan manfaat, tambahan program kegiatan yang mendukung untuk terciptanya anak didik dan tenaga kependidikan di kementerian agama yang lebih terampil dan mumpuni, utamanya dibidang literasi dan numerasi.

"Kita berharap program ini terus dilaksanakan dengan sebaran wilayah lebih luas, mengingat program ini bermanfaat, utamanya untuk meningkatkan keterampilan bidang literasi dan numerasi, baik siswa maupun tenaga kependidikan," kata Rohmat dalam acara yang bertajuk "Merajut Transformasi Pembelajaran untuk Anak-Anak Indonesia: Mendiskusikan Dampak Reformasi Pendidikan Indonesia dan Merayakan Kemitraan INOVASI" di Jakarta, Selasa (28/11/2013).

Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia, Stephen Scott menilai kerja sama kemitraan yang sedang berjalan, merupakan kerjasama yang sangat baik dan terjalin dalam kurun waktu yang relative lama sudah dijalani bersama.

Pemerintah Australia berkomitmen bekerjasama dalam mendukung Pendidikan di Indonesia.

"Ini sesuatu yang penting sekali bagi kami dalam keberhasilan periode tahap pertama dan dilanjutkan tahap kedua yang akan selesai akhir tahun ini. Kami harap untuk meningkatkan kerjasama yang kuat dengan kementerian Agama sama dengan kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," ungkap Stephen Scott.

Baca juga: Kemenag Gandeng Yohanes Surya, Buat Siswa Madrasah Pandai Matematika

Program Direktur INOVASI, Mark Heyward mengatakan, tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa di Indonesia, baik di madrasah maupun sekolah umum lainnya.

Selain itu juga bersamaan dengan ini juga dilakukan peluncuran buku 'Insights from Inovasi' yang terdiri dari dua volume.

Volume pertama berisi tentang reformasi pendidikan di Indonesia, sedangkan volume kedua memuat peran dan kontribusi program INOVASI dalam proses transformasi pembelajaran di Indonesia.

Baca juga: 12 Madrasah Aliyah Masuk 100 Sekolah Terbaik Indonesia

"Hasil kajian ini diharapkan dapat memberikan masukan berharga bagi pemangku kepentingan dalam merumuskan kebijakan pendidikan di Indonesia," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com