Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efa Yonnedi Resmi Terpilih Jadi Rektor Unand Periode 2023-2028

Kompas.com - 31/10/2023, 18:08 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Dr. Efa Yonnedi terpilih menjadi Rektor Universitas Andalas (Unand) periode 2023-2028 dalam pemilihan oleh Majelis Wali Amanat (MWA) di Convention Hall Kampus Limau Manis, pada Selasa (31/10).

Efa Yonnedi meraih suara terbanyak dengan 20 suara, dari total 25 suara MWA.

Baca juga: Ini 20 Nama Jadi Bakal Calon Rektor ITS Periode 2024-2029

Sedangkan dua calon rektor lainnya yaitu Prof. Fatma Sri Wahyuni meraih 3 suara dan Prof. Ikhwana Elfitri meraih 2 suara.

Proses pemilihan ini dipimpin langsung oleh Ketua MWA Unand, Sakti Wahyu Trenggono didampingi perwakilan Mendikbud Ristek, yakni Plt. Dirjen Diktiristek Prof. Nizam, Rektor Unand, Prof. Yuliandri, dan Wakil Ketua MWA Unand, Prof. Werry Darta Taifur.

Sebanyak 17 Anggota MWA hadir dalam pemilihan itu termasuk dari perwakilan tokoh masyarakat, Arcandra Tahar dan Komjen Pol (Pur) Drs. Suhardi Alius, serta IKA Alumni Dr. apt Gustian, S. Si, M. Kes

Wahyu Trenggono yang juga Menteri Kelautan dan Perikanan menilai pemilihan Rektor Unand sangat demokratis, karena melibatkan berbagai unsur sivitas akademika, mulai dari alumni, tenaga kependidikan (tendik), mahasiswa, dosen, Senat Akademik Universitas, dan unsur masyarakat.

Dia menyebutkan dari 12 calon rektor yang mengikuti pemilihan sejak awal, tiga nama teratas dinilai memiliki rangking terbaik, sehingga diusulkan masuk ke tingkat MWA.

Baca juga: UP Tambah 4 Prodi Baru dan Guru Besar pada 2023

"Sebelum dipilih oleh MWA, ketiga calon tersebut terlebih dahulu diuji di tingkat kementerian dan kemudian baru diputuskan melalui pemilihan secara langsung melalui rapat pleno MWA," kata dia dilansir dari laman Unand, Selasa (31/10/2023).

Dia berharap hasil ini merupakan yang terbaik untuk kemajuan Unand ke depan.

Terkait pelantikan rektor oleh MWA akan dilaksanakan pada 24 November 2023.

Dr. Efa Yonnedi menyatakan siap dan komitmen untuk mentransformasikan Unand menuju universitas kelas dunia dan kontributif bagi masyarakat dan bangsa.

Baca juga: Erica Lulus S1 di IPB dengan IPK 4,00 dan Sudah Bekerja di Pertamina

"Saya bukan orang terbaik di Universitas Andalas, tetapi MWA sudah memberikan kepercayaan, maka untuk itu mari bersama-sama membangun Universitas Andalas," tukas Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unand ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com