Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-jenis Perguruan Tinggi, Calon Mahasiswa Perlu Tahu

Kompas.com - 08/08/2023, 06:31 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jenis-jenis perguruan tinggi perlu diketahui siswa SMA/SMK sederajat yang berencana melanjutkan pendidikan di ke jenjang berikutnya.

Saat ini tentu siswa SMA belum paham betul perbedaan, apa bedanya Universitas, Sekolah Tinggi, Politeknik, dan Institut.

Secara garis besar, semuanya adalah sama, yakni jenjang pendidikan lebih tinggi setelah SMA. Mengetahui jenis perguruan tinggi ini penting agar kamu tak salah pilih saat mendaftar kelak.

Selain itu, pemilihan perguruan tinggi juga harus disesuaikan dengan biaya kuliah yang tersedia.

Baca juga: Rekomendasi Sekolah Kedinasan untuk Siswa Jurusan IPS

Jenis-jenis perguruan tinggi

Pasalnya jenis-jenis perguruan tinggi juga memiliki biaya kuliah yang berbeda-beda. Namun kamu masih bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan berbagai beasiswa yang tersedia. Salah satunya Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Dilansir dari laman institusi pendidikan vokasi bisnis dan teknologi LP3I, Senin (7/8/2023) menjelaskan jenis-jenis perguruan tinggi yang perlu diketahui calon mahasiswa.

Berikut jenis-jenis perguruan tinggi berdasarkan jenis ilmu dan sistem pendidikannya

1. Universitas

Dibandingkan perguruan tinggi lain, Universitas memiliki rumpun ilmu paling banyak. Rumpun ilmu tadi dibagi melalui berbagai fakultas, misalnya fakultas teknik, hukum, ekonomi, sosial budaya, sastra, hingga komunikasi.

Universitas juga membagi pendidikan mereka dalam dua jenis yakni Akademik dan Vokasi. Pendidikan Akademik menekankan pada pengembangan ilmu.

Pendidikan Vokasi, di lain pihak, fokus pada keahlian dan keterampilan sesuai bidang dan mempersiapkan tenaga siap kerja.

Biasanya universitas memberikan banyak pilihan jenjang pendidikan. Mulai dari Diploma III (D3), Strata I (S1), Magister atau Strata II (S2), dan Doktor atau Strata III (S3).

2. Institut

Jenis perguruan tinggi berikutnya adalah Institut. Jika Universitas menawarkan beragam rumpun ilmu, berbeda halnya dengan Institut. Institut hanya berfokus pada satu jenis keilmuan saja.

Contohnya, Intitut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. ITS berfokus pada teknologi dengan fakultas mulai dari Teknologi Industri, Teknologi Elektro, Teknologi Kelautan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, hingga Arsitektur, Desain, dan Perencanaan.

Sama halnya dengan Universitas, Institut juga menyelenggarakan pendidikan Akademik dan Vokasi.

Baca juga: Sekian Biaya SPP Termahal di 10 Kampus Top Dunia

3. Sekolah Tinggi

Sekolah Tinggi merupakan perguruan tinggi yang hanya terdiri dari satu fakultas saja. Dari satu fakultas tadi terbagi dalam berbagai program studi. Salah satu Sekolah Tinggi yang populer dan jadi banyak diincar para siswa untuk melanjutkan pendidikan adalah Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com