Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Masuk SMA Taruna Nusantara? Cek Syarat Nilai Rapor dan Skor IQ

Kompas.com - 07/08/2023, 07:46 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - SMA Taruna Nusantara merupakan salah satu sekolah terbaik di Indonesia. Siswa SMP sederajat pastinya banyak yang ingin bersekolah di SMA Taruna Nusantara Magelang, Jawa Tengah.

Sekolah ini dikelola oleh Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN) yang berada di bawah Yayasan Pengembangan Sumber Daya Pertahanan (YPSDP)

Siswa yang ingin melanjutkan sekolah di SMA Taruna Nusantara perlu tahu syarat nilai rata-rata rapor hingga skor IQ.

Dilansir dari laman resmi SMA Taruna Nusantara, Minggu (6/8/2023) ada syarat nilai rapor dan skor IQ untuk mendaftar di SMA Taruna tahun ajaran 2024/2023.

Baca juga: Ini Syarat Nilai Rapor dan Skor IQ untuk Daftar SMA Pradita Dirgantara

Syarat nilai rapor dan skor IQ daftar SMA Taruna Nusantara

Mengacu pada penerimaan siswa baru tahun 2023, berikut nilai rata-rata per mata pelajaran yang menjadi syarat untuk mendaftar di SMA Taruna Nusantara.

Nilai rapor (pengetahuan) semester 1 hingga 5 dan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Nilai rata-rata per mata pelajaran mininuimal 85 dan nilai per semester minimal 80.

Bagi calon siswa baru yang memiliki prestasi (akademik, olahraga, organisasi, seni budaya) minimal tingkat kota/kabuptena atau ketua OSIS nilai rata-rata minimai 80 dan nilai minimal 75.

Konversi nilai untuk siswa Sekolah Internasional disahkan oleh Dinas Pendidikan setempat/Kemendikbud Ristek.

Sedangkan untuk skor IQ saat mendaftar di SMA Taruna Nusantara, kamu perlu memiliki hasil tes IQ minimal 110.

Syarat skor IQ untuk mendaftar di SMA Taruna Nusantara ini bersifat tidak wajib. Namun jika kamu punya skor IQ dapat menjadi nilai tambah.

Skor IQ yang diperoleh ini wajib dikeluarkan oleh Anggota Himpunan Psikologi (HIMPSI) yang berlaku maksimal 6 bulan sebelum mendaftar.

Setelah tahu syarat nilai rapor dan skor IQ untuk mendaftar SMA Taruna Nusantara, berikut persyaratan akademis lainnya untuk mendaftar di SMA Taruna Nusantara:

  • Nilai rapor (pengetahuan) semester 1-5 untuk mata pelajara Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA. Nilai rata-rata per mata pelajaran minimal 85 dan nilai per semester minimal 80.
  • Memiliki prestasi (akademik, olahraga, organisasi, seni budaya) minimal tingkat kota/kabupaten atau Ketua OSIS. Nilai rata-rata minimal 80 dan nilai minimal 75.
  • Konversi nilai untuk siswa sekolah internasional disahkan oleh Dinas Pendidikan setempat/Kemendikbud Ristek,
  • Memiliki hasil tes IQ minimal 110. Hal ini menjadi persyaratan tidak wajib. Namun dapat menjadi nilai tambah. Hasil IQ dikeluarkan oleh anggota Himpunan Psikologi (HIMPSI) yang berlaku maksimal 6 bulan sebelum mendaftar.


Baca juga: 7 Hal Sering Disesali Mahasiswa Setelah Lulus, Mahasiswa Baru Simak

Berkas pendaftaran

Sedangkan syarat lain yang diperlukan adalah menyiapkan beberapa berkas untuk mendaftar di SMA Taruna Nusantara. Berikut berkas yang perlu dipersiapkan para siswa:

  • Pas foto (ukuran 4x6 dengan menggunakan seragam sekolah dengan latar biru).
  • Surat keterangan sehat dari dokter pemerintah/militer.
  • Foto kartu pelajar SMP.
  • Akta kelahiran.
  • Foto nilai rapor semester 1-5, dibuat foto rapor yang telah dilegalisir per semester, semester 1-3 untuk kelas akselerasi).
  • Foto seluruh badan (ukuran 4R menggunakan seragam sekolah, bersepatu tanpa topi, terlihat dari ujung kaki sampai ujung kepala).
  • Foto data penghasilan orangtua atau wali (khusus untuk calon siswa jalur beasiswa dan untuk wiraswasta dalam bentuk rekening koran 3 bulan terakhir).
  • Foto Kartu Keluarga.
  • Foto KTP orangtua/wali, salah satu bisa ayah, ibu atau wali.
  • Surat keterangan dan pernyataan dari kepala sekolah SMP.
  • Surat pernyataan dari orangtua.
  • Surat pernyataan dari calon siswa.
  • Foto sertifikat bukti prestasi (jika tidak ada sertifikat, bisa dengan foto medali atau piala).
  • Hasil tes IQ minimal 110 (tidak wajib) yang keluarkan oleh anggota Himpunan Psikologi Indonesia berlaku maksimal 6 bulan sebelum mendaftar. Busa dilampirkan pada saat pendaftaran dan bisa menjadi nilai tambah).

Baca juga: Cek Biaya Sekolah di SMA Taruna Nusantara dan Fasilitasnya

Demikian informasi mengenai syarat nilai rapor dan skor IQ untuk mendaftar di SMA Taruna Nusantara. Siswa SMP sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan di SMA Taruna Nusantara harus benar-benar menyiapkan diri agar lolos di semua persyaratan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com