Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor UMY: Mahasiswa Penerima Beasiswa Kedokteran Harus Siap Melayani Umat

Kompas.com - 07/08/2023, 15:25 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan beasiswa kuliah bagi 5 mahasiswanya. Total yang diberikan senilai Rp 6 miliar.

Adapun beasiswa itu diberikan bagi tiga mahasiswa Prodi S1 Kedokteran Umum serta dua mahasiswa Prodi S1 Kedokteran Gigi.

Menurut Rektor UMY Prof. Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P., IPM., ASEAN Eng., diadakannya program beasiswa ini didasari atas dua hal, yakni:

1. Biaya sekolah kedokteran cenderung lebih mahal.

"Selama sepuluh tahun, kenaikan biaya yang dibebankan kepada mahasiswa mencapai lebih dari tiga ratus juta," ujarnya, dilansir dari laman UMY, Sabtu (5/8/2023).

Baca juga: UMY Beri Penghargaan pada Mahasiswa Berprestasi

2. Distribusi dokter yang belum merata di Indonesia.

Di sisi lain, masih banyak amal usaha kesehatan yang dimiliki oleh Muhammadiyah yang masih kekurangan dokter. "Harapannya, para lulusan beasiswa dokter UMY dapat mengabdi di sana," harapnya.

Hal itu disampaikan karena sebagai profesi yang fungsi utamanya adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat, dokter memiliki tanggung jawab untuk mengabdi dimanapun ia ditempatkan.

Maka dari itu, beasiswa yang diberikan oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kepada calon mahasiswa kedokteran akan semakin membuka peluang untuk mencetak dokter baru yang siap melayani masyarakat.

Selain itu, rektor juga mengingatkan bahwa para penerima beasiswa yang dibiayai oleh umat nantinya untuk kembali kepada umat.

Baca juga: Dosen UMY: Retinoblastoma, Kanker Mata Terbanyak pada Anak

"Adik-adik yang telah terpilih untuk menerima beasiswa, setelah lulus nanti akan segera dimanfaatkan untuk masyarakat. Yang akan menjadi pertanggung jawaban adalah apa yang telah kalian perbuat untuk orang lain dan agama," pesan Gunawan.

Tahun ini, ada lima mahasiswa baru UMY yang mendapatkan beasiswa dokter dan dokter gigi dengan total beasiswa mencapai Rp 6 miliar.

Tiga mahasiswa atas nama Zahra Nur Aini, Yulisa Hinda Shofia dan Mudhiah Dhiyaulhaq dari Program Studi S1 Kedokteran Umum. Sementara dua mahasiswa atas nama Sinta Adellia dan Efri Nawati dari Program Studi S1 Kedokteran Gigi.

Selama tiga belas tahun, UMY secara rutin memberikan beasiswa bagi calon mahasiswa kedokteran dan kedokteran gigi yang terpilih.

Faris Al-Fadhat, M.A., Ph.D., selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan AIK mengatakan jika beasiswa yang diterima sudah mencakup biaya kuliah per semester, biaya praktikum hingga tunjangan hidup setiap bulan.

"Kami memilih calon mahasiswa penerima beasiswa yang tersebar dari seluruh Indonesia," katanya.

Untu kriteria mahasiswa yang dipilih, selain berasal dari keluarga tidak mampu namun juga harus lolos tes yang menjadi standar nilai kedokteran.
"Dengan ini, kami ingin memastikan bahwa proses perkuliahan yang akan dijalani tidak terganggu," jelas dia.

Baca juga: FP UMY Peringkat 1 PTS Bidang Ilmu Pertanian Versi EduRank 2023

Hingga kini, terdapat 64 mahasiswa yang telah menerima beasiswa dokter dan dokter gigi dari UMY. Di mana 48 mahasiswa diantaranya berasal dari Prodi Kedokteran dan 16 mahasiswa dari Prodi Kedokteran Gigi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com