Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FP UMY Peringkat 1 PTS Bidang Ilmu Pertanian Versi EduRank 2023

Kompas.com - 17/04/2023, 08:44 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Fakultas Pertanian (FP) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meraih prestasi yang membanggakan.

Adapun FP UMY menduduki peringkat 1 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Indonesia di bidang Ilmu Pertanian, berdasarkan penilaian EduRank 2023.

Menurut Dekan Fakultas Pertanian UMY, Ir. Indira Prabasari, M.P., Ph.D., FP UMY unggul dalam setiap indikator penilaian pada pemeringkatan EduRank.

Dengan penjabaran indikator penilaian meliputi:

  • 45 persen publikasi dan sitasi di bidang akademik
  • 45 persen capaian nonakademik
  • 10 persen kiprah alumni

Baca juga: 10 Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia Versi EduRank 2023, Undip Posisi 2

"Ditambah dengan capaian target publikasi yang diberikan kepada jajaran dosen Fakultas Pertanian membuat FP UMY unggul dan meraih prestasi ini," ujarnya dikutip dari laman UMY, Senin (10/4/2023).

EduRank merupakan lembaga pemeringkatan berbasis metrik yang independen, dimana terdapat 14.131 universitas dari 183 negara yang terdaftar dalam EduRank.

Untuk memeringkat universitas dalam 246 topik penelitian, EduRank menggunakan indeks berpemilik sejumlah 44.909.300 publikasi ilmiah dan 1.237.541.960 kutipan.

Sedangkan capaian FP UMY di bidang Ilmu Pertanian berdasarkan pemeringkatan EduRank sejalan dengan akreditasi unggul dari kedua program studi, yakni Agroteknologi dan Agribisnis.

Dekan FP UMY menambahkan, bahwa prestasi tersebut tidak datang secara tiba-tiba karena sudah diusahakan sejak lama.

Karena Fakultas Pertanian sudah mendapatkan akreditasi Unggul untuk kedua prodi, sertifikasi AUN (Asean University Network), ISO 210001:2018, sertifikasi untuk laboran dari TUV Rheinland Jerman, serta capaian prestasi lainnya.

Baca juga: Cek Biaya Kuliah S1 Kedokteran UMY bagi Mahasiswa Baru 2023/2024

Tak hanya itu saja, fakultas tersebut juga melakukan kerja sama dengan universitas luar negeri. Seperti University of Santiago de Compostela, Yamagata University, University of Melbourne, University of Quensland, Kasetsart University.

Serta Universitas Putra Malaysia dan universitas luar negeri lainnya juga turut mendukung capaian peringkat PTS se-Indonesia di bidang Ilmu Pertanian ini.

Kolaborasi antar dosen UMY dan dosen universitas mitra di luar negeri kerap kali dilakukan untuk memperoleh publikasi terindeks scopus Q1 dan diikuti dengan perolehan sitasi yang cukup tinggi untuk dosen-dosen di FP UMY.

"Dimana hal ini merupakan indikator penilaian yang cukup besar di EduRank," jelas Dekan Fakultas Pertanian tersebut.

Selain itu, dukungan penuh dalam proses penelitian hingga publikasi juga diberikan fakultas dan universitas.

Tentu ia berharap ke depannya FP UMY dapat meraih akreditasi internasional dan melakukan pembelajaran yang didukung dengan hasil riset para dosen.

Baca juga: Mahasiswa UMY Siap KKN di Sekolah Indonesia Jeddah

"Harapannya, Fakultas Pertanian ke depannya akan terakreditasi secara internasional. Serta para dosen akan melakukan proses pembelajaran yang didukung oleh penelitiannya agar antara penelitian dan proses pembelajaran saling bersinergi dan berkesinambungan," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com