Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iluni dan Salam UI Berikan Santunan bagi 5.000 Yatim Duafa Jabodetabek

Kompas.com - 16/04/2023, 16:02 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Lembaga Kajian dan Studi Islam mahasiswa yakni Salam (Nuansa Islam Mahasiswa) Universitas Indonesia (UI) bersama dengan Ikatan Alumni (Iluni) UI memberikan santunan kepada 5.000 lebih yatim dan duafa dari berbagai panti asuhan di Jabodetabek.

Acara mengangkat tema “Wujudkan Masa Depan Menuju Satu Cita” ini menggandeng Dinas Sosial Kota Depok dan digelar di Balairung UI pada 15 April 2023. Kegiatan sempat dinominasikan MURI sebagai santunan yatim terbesar.

Kegiatan berhasil menghimpun sekaligus mendistribusikan paket santunan berupa perlengkapan sekolah, alat Ibadah hingga uang saku bagi yatim duafa.

Dalam kegiatan ini, UI mengundang kakak-adik berprestasi Mischka Aoki dan Devon Kei Enzo yang berhasil meraih lebih dari 100 lebih medali olimpiade matematika dan sains internasional bagi Indonesia.

Terakhir pada Februari 2023 Mischka dan Devonmeluncurkan Buku "Rumus-Rumus Juara" bersama Penerbit Elex Media.

Sesi diskusi inspiratif ini berlangsung sejak pukul 13.00 WIB hingga menjelang maghrib yang diikuti santap berbuka puasa dengan jajaran panitia yang dipimpin Auladi Sabiq, Mahasiswa FTUI angkatan 2022 sekaligus pengurus Salam UI.

Ketua Harian Iluni UI Askar Triwiyanto memberikan apresiasi kepada mahasiswa dan menegaskan kegiatan ini sekaligus menyoroti sepinya Masjid UI dari aktivitas mahasiswa pegiat kajian keislaman.

"Kegiatan ini malah justru memperlihatkan bahwa mereka memilih hadir di tengah masyarakat serta memberi kontribusi signifikan di masa yang tidak mudah pascapandemi," tegasnya,

Askar juga menjelaskan, mahasiswa ini bergerak dan menjawab tudingan stigma radikal malah melalui karya nyata yang berdampak positif.

Baca juga: Akademisi IPB Beri Tips Kurangi Sampah Makanan di Bulan Ramadan

"Mereka sepatutnya diberi peran sebagai mitra strategis pengelola UI dalam program kampus lewat berbagai terobosan kolaboratif lainnya," harap Askar.

Selain tim panitia UI, turut hadir dalam kegiatan pemberian santunan ini Imam Budi Hartono, MSi yang juga alumni UI sekaligus Wakil Walikota Depok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com