Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Sekolah Bisnis Terbaik di Indonesia Versi EduRank 2023, Undip Posisi 2

Kompas.com - 16/04/2023, 22:03 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Prestasi membanggakan diraih oleh Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Undip meraih peringkat ke-2 sebagai Sekolah Bisnis terbaik di Indonesia versi EduRank 2023.

Adapun pengumuman dari lembaga pemeringkatan tersebut diumumkan pada 14 April 2023. EduRank adalah sebuah lembaga pemeringkatan internasional independen di Amerika yang mengukur kinerja universitas dan fakultas di seluruh dunia.

Untuk metode pengukuran EduRank didasarkan pada beberapa faktor, seperti kualitas pengajaran, riset, serta citra universitas.

EduRank menggunakan basis data 1,24 miliar sitasi dari 44,9 juta publikasi ilmiah terindeks membuat perankingan universitas dalam 13 academic field (bidang akademik) dengan 246 cabang keilmuan.

Baca juga: 4 Kelebihan dan Kekurangan Kuliah Online, Calon Mahasiswa Cek Dulu

Dalam pemeringkatan ini, EduRank juga menambahkan indikator keunggulan non-akademis dan popularitas alumni.

Sedangkan FEB Undip menempati peringkat kedua sebagai Sekolah Bisnis dari 73 universitas di Indonesia dengan 3.550 publikasi yang dibuat dan 3.155 kutipan yang diterima.

Dekan FEB Undip, Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si., sangat bersyukur atas pencapaiannya tersebut. Recognisi internasional adalah bukti kerja keras seluruh dosen, staf, mahasiswa, dan alumni FEB Undip.

"Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan riset di FEB Undip agar dapat memberikan kontribusi yang lebih besar pada masyarakat dan bangsa," ujar Prof. Suharnomo dikutip dari laman Undip, Sabtu (15/4/2023).

Selain itu, prestasi tersebut jadi bukti dari kualitas pengajaran dan penelitian di FEB Undip, yang terus berupaya mengembangkan kurikulum dan mengikuti perkembangan terbaru di bidang ekonomi dan bisnis.

FEB Undip memiliki program studi yang bervariasi, seperti akuntansi, manajemen, dan ekonomi.

Baca juga: Biaya Kuliah Unnes 2023, Info bagi Calon Mahasiswa

Tak hanya itu, FEB Undip juga memiliki fasilitas pendukung yang memadai, seperti perpustakaan, laboratorium, dan pusat riset dan satu-satunya kampus di Indonesia yang memiliki laboratorium keuangan standard global, Bloomberg Financial Market Laboratory.

FEB Undip juga memiliki kerja sama dengan perusahaan dan instansi terkait untuk memperluas jaringan dan meningkatkan kualitas pengajaran.

Setiap tahun FEB Undip mengirimkan lebih dari 200 mahasiswa yang mengambil double degree dan CTS dengan mitra seperti Curtin University, Saxion University, MBS di Perancis dan berbagai kampus bagus lainnya di dunia.

Di sisi lain, peringkat ini juga merupakan bukti dari komitmen FEB Undip untuk terus menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap bersaing di dunia kerja.

Sekolah bisnis terbaik di Indonesia

1. Universitas Indonesia (UI)

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com