Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Growth Center
Powered by Kompas Gramedia

Sebagai bagian dari KOMPAS GRAMEDIA, Growth Center adalah ekosistem solusi yang memfasilitasi pertumbuhan organisasi dan individu untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Growth Center hadir untuk menjadi teman bertumbuh dalam mempercepat pertumbuhan dan transformasi melalui solusi sumber daya manusia berbasis teknologi yang teruji secara saintifik berdampak.

Kami meningkatkan pertumbuhan para individu melalui proses siklus yang berkelanjutan dari menemukan jati diri (discovery) hingga menyediakan pengembangan (development) yang diperlukan. Semua ini hadir dalam produk kami, Kognisi Discovery dan Kognisi Development untuk memfasilitasi individu untuk mengenal dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan keunikan (idiosyncrasy) mereka.

Silakan kunjungi situs kami www.growthcenter.id dan info kolaborasi lebih lanjut bisa kirim surel ke info@growthcenter.id.

 

Mengenal "Financial Well-being", Kunci Hidup Sejahtera Finansial

Kompas.com - 30/05/2023, 17:37 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Arriva Zulfira | Content Writer Intern Growth Center | Powered by Kompas Gramedia

KOMPAS.COM - Semakin seseorang beranjak dewasa, akan semakin banyak pula tanggung jawab yang diembannya. Kebutuhan hidup yang bertambah pun membuat beban finansial seseorang menjadi kian menantang.

Hal ini membuat seluruh orang berusaha mati-matian mencapai kondisi financial well-being.

Financial well-being atau kesejahteraan finansial merupakan keadaan di mana seseorang dapat memenuhi kewajiban keuangan saat ini secara utuh dan merasa aman mengenai kondisi keuangan masa depan sehingga dapat menikmati hidup tanpa khawatir masalah finansial.

Terdapat beberapa fakta mengejutkan tentang manusia di usia 65 tahun, di antaranya yaitu 50 persen dari mereka masih bergantung pada orang lain, 36 persen manusia meninggal ketika atau sebelum mencapai usia 65 tahun, dan 9 persen masih terus bekerja.

Hanya terdapat 4 persen orang yang sudah mencapai financially independent dan 1 persen financially freedom.

Maka dari itu, perencanaan keuangan harus dimulai sedini mungkin agar seseorang dapat mencapai financial well-being sebelum ia menjadi lansia. Namun, untuk mencapai kondisi kesejahteraan finansial, tentunya kita harus mengenali beberapa konsep penting mengenai financial well-being terlebih dahulu.

Agar dapat merencanakan keuangan dengan baik, pahami beberapa konsep financial well-being berikut.

3 pengeluaran terbesar hidup

Dalam hidup, setidaknya terdapat tiga pengeluaran terbesar yang membuat financial well-being menjadi sulit dicapai. Pengeluaran tersebut antara lain yaitu biaya menikah, biaya tempat tinggal, dan retirement cost.

1. Biaya menikah

Sebetulnya, yang membuat biaya menikah menjadi mahal adalah selebrasinya. Setelah menikah pun terdapat biaya-biaya tambahan yang harus ditanggung, contohnya seperti biaya pendidikan anak.

Seluruh biaya yang muncul dari pernikahan dapat menjadi permasalahan dalam hubungan jika tidak dikelola dengan baik.

2. Biaya tempat tinggal

Properti yang dimiliki seseorang tidak selalu dapat menjadi investasi. Rumah yang digunakan sebagai tempat tinggal tidak menghasilkan uang, sebaliknya malah memberikan biaya pajak dan perawatan yang harus ditanggung.

3. Retirement cost

Retirement cost adalah biaya ketika seseorang tidak lagi bekerja. Orang yang masih bergantung pada orang lain atau terus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup adalah orang yang gagal mempersiapkan masa pensiunnya.

Maka dari itu, seseorang harus menabung uang yang jumlahnya lebih besar daripada pengeluarannya untuk mempersiapkan retirement cost. 

Seberapa sehat dan sakit kantongmu?

Hal yang tidak disadari oleh orang-orang adalah bahwa permasalahan keuangan sering kali muncul bukan karena tidak punya uang, melainkan karena pengelolaan keuangan yang buruk.

Maka dari itu, untuk mengetahui seberapa sehat atau sakit keuanganmu, terapkan cara berikut:

  • Catat dan buatlah rata-rata dari seluruh pengeluaranmu
  • Catat seluruh aset berharga yangmu punya
  • Catat seluruh hutang dan kewajiban yang harus ditanggung
  • Hitung seluruh pendapatan dari berbagai sumber
  • Setelah itu, tentukan hasilnya dalam tiga kategori, yaitu:
  • Apabila pengeluaran lebih besar dari pendapatan, hal ini termasuk dalam kategori finansial yang sangat “sakit” dan perlu diperbaiki sedini mungkin.
  • Kamu perlu berhati-hati jika pengeluaran sama dengan pendapatan, sebab hal ini dapat bermasalah di masa depan.
  • Pengeluaran yang lebih kecil daripada pendapatan merupakan hal yang baik, tetapi selisihnya juga harus diperhatikan.

Baca juga: 8 Kesalahan Jobseeker yang Berujung Penolakan Kerja

Langkah mencapai financial freedom

Untuk dapat berada dalam kondisi financial well-being, sebelumnya seseorang harus mencapai financial freedom terlebih dahulu. Financial freedom atau kebebasan finansial adalah keadaan ketika seseorang telah mencapai kemapanan dalam kondisi keuangannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com