Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

I3L Competition Series 2023 "Skinovation" Tantang Inovasi Siswa Bidang Skincare

Kompas.com - 25/05/2023, 16:20 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia International Institute for Life Sciences (I3L) secara resmi membuka "i3L Competition Series (iCS) 2023 mengusung tema "Skinovation". 

Kompetisi tahunan penelitian siswa SMA di seluruh Indonesia menantang peserta menciptakan produk perawatan kulit yang inovatif dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Perlombaan ini juga memberikan kesempatan peserta untuk belajar dan berkolaborasi dengan mentor yang berpengalaman dari i3L.

Tahun ini i3L bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan seperti Godrej, Skinproof, Somethinc, Biore, L'Oreal, ParagonCorp, P&G, Base, GeneCraft Labs, Prambors dan Hipwee.

Azalia Imani, penyelenggara I3L Competition Series (ICS) 2023 berharap kompetisi ini dapat menumbuhkan jiwa inovatif siswa-siswi SMA di Indonesia, khususnya di bidang skincare.

"Kami sangat antusias mengadakan i3L Competition Series 2023 dengan tema 'Skinovation'. Kami ingin menginspirasi siswa-siswi SMA berpikir kreatif, menciptakan produk skincare inovatif, dan memperkenalkan perubahan positif dalam industri skincare di Indonesia," jelas Azalia Imani.

Azalia Imani menambahkan, "melalui iCS 2023, kami ingin memberikan kesempatan kepada para peserta untuk mengembangkan ide-ide mereka dan menghadapi tantangan nyata dalam menghadirkan produk skincare yang berkualitas."

"Kami berharap kompetisi ini dapat membangkitkan semangat inovasi dan kolaborasi di antara generasi muda Indonesia, serta mendorong mereka untuk memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat melalui industri skincare yang berkembang pesat," pungkasnya.

Tahapan dan proses seleksi

Siswa/i SMA yang berminat untuk berpartisipasi dalam iCS 2023 dapat mendaftar melalui link bit.ly/iCS2023 hingga 30 Juni 2023.

Baca juga: Pertamina Buka Kompetisi PFmuda 2023, Ajak Generasi Muda Jadi Sociopreneur

 

Pendaftaran telah mencakup tuntunan lengkap yang menjelaskan syarat dan ketentuan, format poster dan proposal yang diharapkan, serta kriteria penilaian yang akan digunakan tim juri.

Peserta diharapkan memperhatikan dengan teliti panduan tersebut agar dapat menghasilkan ide kreatif dan sesuai dengan tema perlombaan.

Proses seleksi iCS 2023 akan dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap pertama melibatkan pembuatan ide dalam bentuk poster dan proposal yang berfokus pada tema "Skincare".

Tim juri yang terdiri dari pakar di bidang skincare dan inovasi akan mengevaluasi dan memilih ide-ide terbaik yang akan maju ke tahap semifinal.

Tahap semifinal akan diadakan pada tanggal 26-27 Agustus 2023, di mana para semifinalis akan diminta untuk mempresentasikan ide mereka secara langsung.

Bagi para peserta yang berhasil melaju ke tahap final berkesempatan mengembangkan ide mereka bersama mentor yang berpengalaman dari i3L. Dalam proses ini, para finalis akan mendapatkan bimbingan dan masukan berharga untuk mengoptimalkan potensi ide mereka.

Baca juga: Jadi Satu-satunya Delegasi Indonesia, Kapal Tenaga Surya Milik Mahasiswa Undip Masuk Final Kompetisi Bergengsi di Monaco

Selain kesempatan kolaborasi dengan mentor, para pemenang iCS 2023 juga akan memperoleh hadiah menarik sebagai penghargaan atas kreativitas dan kerja keras mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com