Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muslim Edufest Siap Digelar Agustus 2023, Hadirkan Ratusan Lembaga Pendidikan Islam

Kompas.com - 25/05/2023, 15:44 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - PT Satu Tujuan Event (Satue Events) berkolaborasi dengan Lima Events dan Bina Masyarakat Madani Indonesia (BMMI) menyelenggarakan Muslim Edufest 2023 sebagai bagaian dari Muslim Edufest 2023.

Muslim Edufest 2023 akan digelar selama 3 hari pada 25-27 Agustus 2023 di ICE BSD City, Tangerang.

Sebanyak 176 exhihibitor dari berbagai sektor, mulai dari lembaga pendidikan nasional dan internasional, buku, perlengkapan sekolah, lembaga keuangan islam, lembaga pemerintahan, konsultan pendidikan bahkan hingga travel siap memeriahkan gelaran ini.

Diharapkan setidaknya, lebih dari 30 ribu pengunjung terdiri orangtua dan calon siswa, pimpinan sekolah dan yayasan pendidikan, pemerhati pendidikan, guru dan pengajar hingga konsultan pendidikan bisa saling bertemu dalam ajang ini.

"Muslim Edufest siap mendukung pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai pusat pendidikan Islam di dunia," tegas Direktur PT Satue Tujuan Event, Bambang Setiawan melalui rilis resmi (25/5/2023).

"Dengan berkolaborasi bersama BMMI, kami berharap Muslim Edufest dapat memberikan ruang bagi masyarakat untuk mengenal pendidikan Islam secara holistik,” tambahnya. 

Pengembangan Lembaga Pendidikan, Bina Masyarakat Madani Indonesia (BMMMI), Ust. Andi Gunawan mengatakan, dihadirkan Muslim Edufest pada Agustus 2023 merupakan waktu tepat bagi orangtua mencari referensi sekolah Islam, pesantren dan perguruan tinggi Islam.

"Karena untuk sekolah-sekolah tertentu sudah banyak membuka pendaftaranya pada awal September, dan menutup pendaftarannya pada bulan Desember. Orangtua punya kesempatan besar memilih menentukan lembaga pendidikan yang sesuai untuk anaknya,” paparnya.

Baca juga: Ingin Kuliah Pascasarjana di Malaysia? Ikuti Pameran Pendidikan EMGS

Sebagai pameran pendidikan Islam terbesar di Indonesia, Muslim Edufest 2023 menampilkan ratusan sekolah berbasis Islam dari tingkat SD, SMP, SMA, boarding school, pondok pesantren, sekolah tahfidz hingga perguruan tinggi.

Bagi anak yang memiliki kebutuhan khusus dalam proses belajar mengajar tak perlu khawatir karena informasi seputar homeschooling yang mengusung pendidikan Islam juga tersedia di sini.

Sejumlah lembaga pendidikan yang terkonfirmasi sebagai peserta pameran diantaranya, Bintang Pelajar, Insan Cendekia Madani, Al Wildan, Al Andalus, Mahad Aisyah, Al Hunafa, Future Gate, Al Ma’tuq, Aisyah Tahfidz BS, Hidayatullah Depok dan Nurul Fikri.

Tidak hanya berasal dari dalam negeri, sejumlah lembaga pendidikan mancanegara seperti Malaysia, Yordania, Madinah dan sejumlah negara Timur Tengah juga berpartisipasi di pameran ini.

Mereka memanfaatkan peluang Muslim Edufest sebagai sarana efektif untuk memperluas pasar dan berjejaring dengan sejumlah lembaga pendidikan di Indonesia.

Selain pameran pendidikan, Muslim Edufest 2023 juga diisi akan dengan berbagai rangkaian acara menarik mulai dari konferensi pendidikan, workshop, informasi beasiswa serta alumni sharing and mentoring.

Selain itu, ada pula kompetisi internasional yang dapat diikuti siswa.

Baca juga: Dukung Merdeka Belajar, WPC Gelar Pameran Pendidikan IIETE 2023

"Muslim Edufest diharapkan menjadi barometer kemajuan lembaga pendidikan Islam di Indonesia sehingga dapat melahirkan generasi Qur’ani yang bermental kuat dan berdaya saing global di masa mendatang." jelas Ustadz Ali Saman, Ketua Bina Masyarakat Madani Indonesia (BMMMI).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com