Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Lulusan S2 Ini Sukses Bangun Bisnis Digital untuk UMKM

Kompas.com - 06/04/2023, 22:52 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Lulusan Magister Ilmu Komunikasi dari Universitas Dr. Moestopo, Anthony Leong sukses membangun bidang digital, media sosial, dan komunikasi publik.

Sebelum sukses membangun usaha, dia merintis kariernya dengan mendirikan perusahaan konsultan digital marketing yang saat ini menjadi salah satu perusahaan digital dan solusi IT (Informasi Teknologi) di Jakarta, yaitu Menara Digital yang dikelola di bawah PT Indo Menara Digital.

Baca juga: Biaya Pendaftaran 7 Sekolah Kedinasan 2023, IPDN, STAN hingga Kemenhub

"Kita basisnya di digital dan inline terhadap apa yang menjadi fenomena sekarang, bagaimana disrupsi digital, bagaimana society industry 5.0 ini menjadi sebuah kesempatan kita bersama memanfaatkan momentum berkembang dan berkarya bersama melalui digital dan teknologi informasi," ujar Anthony dalam keterangannya, Kamis (6/4/2023).

Bisnisnya tidak terbatas dibidang digital marketing saja, tapi merambah hingga ke berbagai bidang lain mulai dari jasa kantor bersama (co-working space, virtual office, dan serviced office) yang dikelola oleh Menara Office.

"Kita juga hadirkan layanan solusi yang terintegrasi dan hadirkan percepatan untuk UMKM, solusi untuk startup bisa mudah mendirikan perusahaan tanpa modal besar, dengan menghadirkan sistem konsultasi untuk kemudahan perizinan agar para pengusaha pemula bisa berkarya tanpa diganggu masalah tempat kantor," ucap dia.

Meskipun keseharian dengan aktivitas bisnis untuk terus membuka lapangan pekerjaan, dia tetap melanjutkan pendidikannya.

Kini, pria yang saat ini menjabat sebagai Ketua Hubungan Media BPP HIPMI mengaku, dirinya sedang menempuh pendidikan Doktor atau S3 Ilmu Komunikasi di Universitas Padjajaran (Unpad).

Baca juga: PMB IT PLN Masih Dibuka sampai 16 April, Kuota Ikatan Kerja Ditambah

"Kita perlu gabungkan antara dunia akademisi dan dunia praktis. Ilmu pengetahuan yang ada di kampus harus menjadi sumber dari inovasi dan kreativitas. Kita butuh lebih banyak lagi para praktisi bisa menjadi hub (perantara) angara kampus dan dunia praktis," jelas dia.

Aktif di organisasi dan pekerja keras

Bukan hanya sukses di bisnis saja, dia juga merupakan organisatoris yang cerdas.

Dia juga pernah aktif menjadi bagian dari organisasi kepemudaan internasional yang terafiliasi dengan PBB yang bernama Junior Chamber International (JCI).

Kalau di organisasi HIPMI, Anthony sangat dikenal sebagai sosok yang penuh inovasi di bidang digital dan teknologi informasi, banyak program yang telah dibuat oleh Anthony di BPP HIPMI.

"Saya rasa kepemimpinan seseorang bukan dilihat dari posisi yang diemban tapi bagaimana hadirkan kontribusi positif, impact, karya, etos kerja. Jadi leadership is action not position. Kita harus terus berkarya di posisi apapun," tutur dia.

Anthony juga menjadi salah satu pendiri asosiasi yang bergerak di bidang jasa kantor bersama yang bernama Perhimpunan Jasa Kantor Bersama Indonesia (Perjakbi).

Baca juga: 4 Sekolah Kedinasan 2023 Ini Tanpa Ada Syarat Tes Fisik, Apa Saja?

Hingga saat ini, dia aktif sebagai Ketua Harian Perjakbi.

"Perjakbi kini terus menghadirkan solusi bagaimana UMKM bisa bertumbuh dan berkembang dengan hadirnya solusi layanan virtual office," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com