Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliah Umum UGM: Limbah Tambang Freeport Diolah Jadi Bahan Konstruksi

Kompas.com - 08/03/2023, 07:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Hasil bumi di Indonesia sangat melimpah, seperti sumber daya alam (SDA). Namun jika tak bisa dirawat dan dijaga dengan baik, maka alam akan rusak.

Terkait hal itu, PT Freeport Indonesia memiliki komitmen tinggi dalam melakukan konservasi lingkungan di area bekas tambang.

Adapun lokasi penambangan yang berada di kawasan mineral Grasberg, Freeport rutin melaksanakan reklamasi untuk mengembalikan fungsi lahan sesuai dengan peruntukannya.

Hal itu diungkapkan Vice President Environmental and Sustainable Development PT. Freeport Indonesia, Dr. Gesang Setyadi, S.T., M.B.A., pada Kuliah Umum di Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM), Selasa (28/2/2023).

Baca juga: Alami Gangguan Kesehatan Mental? FKKMK UGM: Ini Pertolongan Pertamanya

"Kita melaksanakan penanaman pohon, hutan mangrove, dan rehabilitasi di aliran sungai yang teraliri limbah dari hasil tambang PT Freeport Indonesia," ujarnya dikutip dari laman UGM.

Ia juga menjelaskan, Freeport yang berada di Provinsi Papua Tengah di ketinggian 4.200 mdpl mengelola beberapa produk tambang konsentrat.

Yakni berisi mineral berharga dari bijih emas dan ada beberapa metode penambangan yang dilakukan.

Limbah jadi bahan konstruksi

Dikarenakan lokasi penambangan berada di kawasan hutan, pihaknya selalu melakukan audit dan pemantauan lingkungan dengan melibatkan berbagai lembaga guna melakukan vegetasi di wilayah yang terdampak penambangan.

Untuk limbah tambangnya, menurut dia dikirimkan ke Gresik untuk dikelola lebih lanjut sehingga limbah tersebut bisa dimanfaatkan sebagai bahan konstruksi.

"Limbah tersebut bisa digunakan karena tingkat toxicity masih aman," jelasnya.

Tak hanya itu saja, limbah yang sudah dikelola menjadi bahan konstruksi tersebut kemudian dimanfaatkan untuk pembuatan jalan dan jembatan.

"Limbah yang masih berada di aliran sungai harapannya di masa depan dapat berperan menjadi daratan baru," imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan rehabilitasi hutan di Jayapura untuk mengurangi bencana banjir di Jayapura dan meningkatkan keanekaragaman hayati serta konservasi lahan.

"Kita pun melaksanakan program penyadaran dan pendidikan lingkungan dengan mengajak 1 siswa dan 1 siswi di SMP di wilayah yang terdampak untuk menjadi Pangeran Alam dan Putri Lestari," jelasnya.

Baca juga: Dosen FKKMK UGM: Penyakit Ini Jadi Faktor Risiko Munculnya Angina

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga menerangkan bahwa PT Freeport Indonesia terbuka untuk menerima peluang kerja dan magang bagi semua mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com