Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Haekal, Kuliah S2 Filologi UI Satu Angkatan Hanya 6 Orang

Kompas.com - 03/03/2023, 07:51 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika biasanya pada satu angkatan kuliah terdiri dari puluhan hingga ratusan mahasiswa, hal berbeda dialami oleh mahasiswa program Magister (S2) Jurusan Filologi Universitas Indonesia (UI).

Haekal Rheza Afandi hanya mempunyai lima orang teman yang satu angkatan dengannya. Pengalaman Haekal ini diceritakan di akun TikToknya dengan nama akun @hi.kaaal dan sudah mendapat hingga 2.734 komentar.

Perlu kamu tahu bahwa Jurusan Filologi ini merupakan salah satu ilmu yang mendalami ilmu sejarah melalui naskah kuno.

Kepada Kompas.com, Haekal mengaku meski hanya terdiri dari enam orang namun selama mengikuti perkuliahan sangat seru.

Baca juga: Hasil Seleksi PPPK Guru 2022 Diumumkan 10 Maret, Cek di Link Ini

Jurusan Filologi UI, satu angkatan hanya enam orang

Haekal dan lima orang temannya merupakan angkatan 2021 Jurusan Filologi Universitas Indonesia (UI).

Sebelum melanjutkan pendidikan S2 dan mengambil Jurusan Filologi di UI, Haekal sudah menyelesaikan studi S1 di Universitas Airlangga (Unair) angkatan 2016 dengan jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Haekal mengaku, karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19 sehingga di masa awal perkuliahan sebagian besar dilakukan secara online. Kemudian saat pandemi Covid-19 mereda, semua kelas sudah mulai offline.

"Saat kelas offline ini seru banget karena hanya enam orang dan cowok semua. Apalagi umur kami tidak terpaut jauh. Kebanyakan hanya selisih satu tahun lebih muda," ujar Haekal kepada Kompas.com, Kamis (2/3/2023).

Baca juga: Kisah Vinnie, dari Kampus Kecil Pinggir Kali Ciliwung, Kini Sukses Bekerja di Jepang

Jurusan Filologi merupakan jurusan cukup langka

Selama mendalami ilmu Filologi, obrolan Haekal dan teman-temannya tidak melenceng dari manuskrip. Baik itu informasi dan referensi tentang manuskrip.

"Karena kami semua obyek kajian filologi-nya atau manuskripnya beda-beda jadi saling melengkapi kekosongan tiap orang," beber Haekal.

Dia menambahkan, setelah konten soal satu angkatan hanya enam orang viral, banyak yang mengira bahwa Jurusan Filologi adalah jurusan di program S1 atau Sarjana.

Padahal Jurusan Filologi hanya ada di pendidikan lanjutan baik Magister dan Doktoral. Selain itu, tidak semua universitas memiliki Jurusan Filologi.

"Tidak semua universitas buka jurusan ini. Jadi Jurusan Filologi ini merupakan jurusan kuliah cukup langka dan punya prospek kerja tinggi jika orangnya benar-benar tahu apa yang mereka kerjakan," urai Haekal.

Ada alasan tersendiri Haekal memilih Jurusan Filologi di Universitas Indonesia. Pemilihan jurusan S2 Filologi di UI ini tak terlepas saat menempuh studi S1 di Unair.

Mahasiswa jurusan Filologi UI Haekal saat menerjemahkan manuskrip.DOK. Haekal Mahasiswa jurusan Filologi UI Haekal saat menerjemahkan manuskrip.

Selesai S2 dalam waktu 1,5 tahun

Dia tertantang untuk tahu dan mendalami lebih banyak ilmu Filologi. Saat kuliah S1, nilai mata kuliah Filologi tidak bagus. Haekal mendapatkan nilai B dan C untuk mata kuliah Filologi. 

Karena nilainya tidak memuaskan, Haekal justru ingin masuk ke peminatan Filologi saat kuliah S1.

"Karena saya suka tantangan. Semakin terpacu jadi tidak bosan. Aku ingin mencoba lebih mengerti lagi tentang ilmu filologi," kata Haekal.

Baca juga: Deris Nagara Presiden BEM Columbia University Sempat Gagal Masuk PTN

Berkat perjuangannya, kuliah S1 bisa dia selesaikan tepat waktu dengan nilai sempurna A. Haekal lulus S1 dengan predikat memuaskan pada tahun 2020 dan kemudian melanjutkan pendidikan S2 Jurusan Filologi UI angkatan 2021.

"S2 juga sudah lulus ditempuh dengan waktu 1,5 tahun dan akan wisuda bulan Maret 2023 ini," tutup Haekal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com