Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skor UTBK 2023 Bisa Dipakai untuk Apa Saja? Siswa Harus Tahu

Kompas.com - 02/03/2023, 08:43 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023 merupakan salah satu seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN).

Hasil UTBK 2023 menjadi penentu kamu bisa lolos di PTN dan jurusan pilihanmu. Namun, selain bisa masuk ke PTN lewat jalur SNBT 2023, nilai UTBK 2023 juga bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal ini.

Sehingga siswa kelas 12 maupun siswa gap year yang mengikuti UTBK SNBT 2023 bisa memanfaatkan nilai UTBK 2023 untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Berikut Kompas.com rangkumkan beberapa keuntungan mengikuti UTBK 2023 yang perlu diketahui calon mahasiswa.

Baca juga: Penjelasan Verval Lulusan bagi Siswa Gap Year untuk Daftar SNBT 2023

Keuntungan ikut UTBK 2023

1. Bisa daftar PKN STAN 2023

Seperti diketahui, Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) sudah memberikan informasi resmi bahwa salah satu syarat mendaftar SPMB PKN STAN adalah menggunakan nilai UTBK SNBT 2023.

Sehingga calon mahasiswa yang mengincar PKN STAN sebagai tempat melanjutkan pendidikan wajib mengikuti UTBK SNBT 2023.

Nilai UTBK 2023 yang kamu peroleh juga menjadi penentu kamu diterima atau tidaknya di PKN STAN.

2. Bisa digunakan daftar jalur Mandiri PTN 2023

Selain bisa digunakan untuk mendaftar PKN STAN, nilai UTBK ini juga bisa digunakan untuk mendaftar jalur Mandiri sejumlah PTN.

Meski kamu tidak bisa mendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 maupun tidak lolos UTBK SNBT 2023, nilai UTBK yang kamu peroleh masih bisa digunakan untuk mendaftar ke PTN lewat jalur Mandiri.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 Brunei Darussalam 2023, Tunjangan Rp 7 Juta Per Bulan

Baca juga: Selain SNBP-SNBT 2023, Ketahui 4 Jalur Masuk IPB University

Dari hasil penelusuran Kompas.com, ada beberapa PTN ternama yang membuka jalur Mandiri menggunakan nilai UTBK. Berikut beberapa PTN yang membuka jalur Mandiri dengan menggunakan nilai UTBK 2023:

  • Institut Teknologi Bandung (ITB): salah satu syarat mendaftar seleksi mandiri ITB adalah Memiliki nilai UTBK 2023. Informasi bisa dicek di laman ini https://admission.itb.ac.id/home/sarjana/mandiri
  • Institut Pertanian Bogor (IPB): Seleksi Mandiri Masuk IPB atau SM IPB juga bisa menggunakan nilai UTBK. Informasi lengkap bisa dicek di laman ini https://admisi.ipb.ac.id/sm-ipb-sarjana/
  • Universitas Padjadjaran (Unpad):Unpad juga membuka jalur Nilai Ujian yang menggunakan nilai UTBK SNBY 2023 maupun menggunakan nilai SMUP bagi siswa lulusan tahun 2021, 2022 dan 2023. Informasi lengkap bisa di cek di laman  https://admisi.ipb.ac.id/sm-ipb-sarjana/
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya: ITS Surabaya melalui jalur Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM) juga menggunakan nilai UTBK sebagai salah satu syaratnya.
  • Universitas Airlangga (Unair): lewat jalur Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (SMUA), Unair juga mensyaratkan nilai UTBK SNBT 2023. 

Beberapa PTN lain yang juga menggunakan nilai UTBK sebagai syarat masuk seperti Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Andalas (Unand), Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta dan Universitas Negeri Malang (UM).

3. Bisa digunakan daftar jalur mandiri PTS 2023

Selain jalur Mandiri PTN, sejumlah perguruan tinggi swasta (PTS) juga ada yang mensyaratkan nilai UTBK di jalur masuknya.

Mengacu pada penerimaan mahasiswa baru di PTS tahun sebelumnya, ada beberapa perguruan tinggi swasta yang menerima nilai UTBK sebagai syaratnya. Seperti Universitas Pertamina, Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Telkom (Telkom University).

Baca juga: Penjelasan Verval Lulusan bagi Siswa Gap Year untuk Daftar SNBT 2023

Sehingga para calon mahasiswa harus benar-benar berusaha optimal mengikuti UTBK SNBT 2023 agar bisa memperoleh skor atau nilai UTBK 2023 bagus.

Dengan nilai UTBK 2023 yang bagus bisa kamu manfaatkan untuk beberapa jalur yang benar-benar kamu minat. 

Baik mendaftar ke PKN STAN 2023, jalur Mandiri PTN hingga penerimaan mahasiswa baru di kampus swasta. Selamat berjuang menghadapi UTBK SNBT 2023.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com