Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Verval Lulusan bagi Siswa Gap Year untuk Daftar SNBT 2023

Kompas.com - 26/02/2023, 19:04 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siswa gap year bisa memanfaatkan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Siswa gap year yang akan mendaftar SNBT 2023 harus registrasi akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) yang sudah dibuka sejak 16 Februari hingga 3 Maret 2023 mendatang.

Saat melakukan registrasi akun SNPMB 2023, siswa gap year membutuhkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Kepala Sekolah Nasional (NPSN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk mendaftar SNBT 2023, siswa gap year perlu melakukan verifikasi dan validasi (verval) lulusan atau verval NISN peserta didik.

Baca juga: 10 PTS Terbaik di Indonesia Versi QS AUR, Referensi Pilih Kampus

Verval lulusan atau verval NISN peserta didik

Seperti ketentuan mengikuti SNBT 2023, siswa gap year atau siswa lulusan 2021 dan 2022 masih bisa mengikuti SNBT 2023.

Selain siswa gap year, verval lulusan ini juga diperuntukkan bagi bagi siswa lulusan luar negeri atau ekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

Untuk menambah wawasanmu, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

Nmor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.

Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca juga: 11 Universitas Swasta Terbaik di Palembang, Ada Pilihanmu?

Bagi siswa gap year melakukan verval lulusan, ada beberapa kolom yang perlu diisi, yakni:

1. NISN.

2. NIK.

3. Nama.

4. Tempat lahir.

5. Tanggal lahir.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com