Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Jurusan Jadi Data Analyst, Referensi Daftar SNBP atau SNBT 2023

Kompas.com - 30/01/2023, 14:54 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Data Analyst termasuk pekerjaan yang paling banyak dicari dan dibutuhkan di masa depan. Ada banyak jurusan yang setelah lulus bisa bekerja sebagai data analyst.

Jurusan yang berkaitan dengan pekerjaan data analyst, bisa dipilih siswa yang ingin mendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023.

Data Analyst sendiri adalah pekerjaan yang tugasnya menerjemahkan deretan angka menjadi sebuah laporan yang mudah dipahami.

Pekerjaan Data Analyst, misalnya menerjemahkan data penjualan, riset pasar, logistik, hingga biaya transportasi yang diolah menjadi acuan perusahaan untuk menentukan harga produk atau melakukan efisiensi biaya. Karena itu gajinya sangat tinggi.

Baca juga: 12 PTN dengan Jurusan Teknik Industri Akreditasi Unggul dan A

Bagi kamu yang ingin bekerja menjadi data analyst, Kompas.com merangkum jurusan mana saja yang cocok menjadi data analyst untuk referensi daftar SNBP atau SNBT 2023.

1. Ilmu komputer

Ada banyak Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang punya jurusan Ilmu Komputer. Misalnya, Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Brawijaya (UB) dan masih banyak lagi.

2. Jurusan Teknik Informatika

Lulusan jurusan ini juga bisa menjadi salah satu jurusan yang berkaitan dengan data analyst.

Jurusan ini menangani masalah transformasi atau pengelolaan data dengan proses logika. Karen itu skill-nya cocok dengan pekerjaan ini.

PTN yang menyediakan jurusan ini, antara lain, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Padang dan masih banyak lagi.

Baca juga: 5 Jurusan Teknik Cocok untuk Perempuan, Peluang Gaji Tinggi

3. Manajemen Informasi

Jurusan ini bisa dibilang unik. Menggabungkan ilmu mengenai komputer dan ilmu manajemen atau bisnis.

Ilmu manajemen informasi yang dipelajari dimanfaatkan untuk merancang, mengembangkan, dan menerapkan sistem informasi perusahaan.

Jurusan ini bisa kamu temukan saat daftar SNBP atau SNBT 2023. Misalnya di Universitas Airlangga, UIN Syarif Hidayatullah, Politeknik Negeri Jember dan masih banyak lagi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com