Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jurusan Teknik Cocok untuk Perempuan, Peluang Gaji Tinggi

Kompas.com - 20/12/2022, 08:30 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Jurusan Teknik, seringkali didominasi kaum pria. Padahal, perempuan bisa juga memilih jurusan Teknik

Ada beragam jurusan Teknik yang cocok bagi perempuan. Bahkan saat lulus dan bekerja, tetap bisa mendapatkan gaji yang tinggi.

Perguruan tinggi mana pun, tidak pernah mendiskriminasi atau pun membatasi kaum perempuan hanya boleh kuliah di jurusan Teknik tertentu saja. Sehingga hal ini kembali dari minat dan bakat setiap calon mahasiswi.

Baca juga: 17 Jurusan Teknik dengan Prospek Kerja Menjanjikan, Kamu Pilih Mana?

Meski begitu, ada beberapa jurusan yang cocok bagi perempuan. Karena, di beberapa jurusan Teknik ini butuh ketelitian, keluwesan, dari perempuan.

Dilansir dari laman Bina Sarana Informatika (BSI), cek apa saja jurusan Teknik yang cocok bagi perempuan.

1. Teknik Biomedik

Jurusan Teknik Biomedik menjadi salah satu jurusan Teknik yang paling diminati perempuan. Selama menjadi mahasiswa, kamu akan mempelajari teknologi dan kesehatan bekerja bersama-sama.

Prospek kerja di bidang kesehatan dan teknologi, kamu bisa berkarir di laboratorium kesehatan, instansi pemerintahan, perusahaan farmasi, lembaga penelitian hingga pengembang perangkat lunak untuk kesehatan.

Kamu bisa mendaftarkan diri di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS), antara lain Institut Teknologi Telkom dan Universitas Yarsi.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah IPA Sepi Peminat, tetapi Berprospek Cerah

Gaji lulusan Teknik Biomedik antara sekitar Rp 3 sampai 15 juta. Tergantung dengan posisi jabatan dan lamanya bekerja.

2. Teknik Kimia

Banyak juga mahasiswa perempuan yang memilih jurusan Kimia. Tingginya minat perempuan untuk kuliah di jurusan ini, tidak lepas dari prospek kerja yang ditawarkan nantinya.

Buat calon mahasiswi yang memilih jurusan Teknik Kimia, akan berkarir di bidang industri pangan, barang konsumsi, hingga kosmetik. Selain itu, kamu juga bisa berkarir di bidang industri petrokimia maupun minyak dan gas.

Daftar PTN yang menerima calon mahasiswa perempuan atau mahasiswi jurusan Teknik Kimia diantaranya ITB, UGM, UI, ITS dan Undip. Sedangkan untuk PTS seperti Institut Teknologi Nasional (ITN) Universitas Katolik Parahyangan, dan Universitas Pertamina.

Gaji lulusan Teknik Kimia berkisar diatas UMR atau rata-rata Rp 3 juta hingga lebih dari Rp 20 juta. 

Baca juga: 31 Jurusan D4, S1, S2 yang Paling Dibutuhkan untuk Masuk Polri

3. Teknik Industri

Jurusan Teknik Industri dibagi menjadi tiga bidang keahlian, yaitu sistem manufaktur, manajemen industri, sistem industri dan tekno ekonomi.

Dengan banyaknya bidang keahlian yang dipelajari, mahasiswa perempuan bisa mendaftarkan diri di jurusan ini.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com