Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Bermuhammadiyah IV FEB UMJ Usung Pesan Penguatan Ekonomi Umat

Kompas.com - 22/01/2023, 10:10 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Untuk kali keempat Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menggelar Hari Bermuhammadiyah (HBM) yang kali ini digelar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) di Masjid At-Taqwa UMJ, pada Sabtu, 21 Januari 2023.

Rektor UMJ Ma'mun Murod dalam sambutan mengatakan, kepanitiaan HBM IV dilaksanakan  Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) setelah sebelumnya dilakukan secara bergilir oleh Fakuktas Hukum dan FISIP dengan menampilkan kreatifitasnya masing-masing.

Hal ini bertujuan untuk saling berfastabiqul Khairat atau berlomba-lomba dalam kebaikan antar fakultas.

"Kira-kira nanti kreatifitas apa yang akan ditampilkan oleh fakultas termasuk kira-kira banyaknya donatur yang diperoleh salah satunya adalah peran alumni," ungkap Rektor UMJ.

"Maka ini menjadi tantangan bagi fakultas-fakultas berikutnya yang akan menjadi tuan rumah pada Hari Bermuhammadiyah," jelas Ma'mun

Dengan tema "Muhammadiyah dan Penguatan Ekonomi Umat", HBM IV dihadiri perwakilan Kedutaan Besar Pakistan, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof. Abdul Mu’ti, Bendahara Umum PP Muhammadiyah, Prof. Hilman Latief, dan Wakil Ketua DPR, Rachmad Gobel.

Selain itu, turut hadir Alumni FEB Direktur Utama PT KAI Logistik, TLN Ahmad Malik Syah, dan Deputy Direktur Bank Indonesia, Rita Nawangsari.

Dekan FEB Luqman Hakim menyatakan, bahwa konsep menghadirkan stand bazar UMKM di HBM IV merupakan komitmen penguata ekonomi umat.

"Maka dari itu secara utuh konsep pada kegiatan HBM IV ini bekerja sama dengan kurang lebih 100 UMKM Tangerang Selatan," ungkap Luqman Hakim.

Sebelumnya, apabila pada suatu kegiatan identik dengan adanya doorprize, Luqman mengganti doorprize menjadi voucer belanja makanan senilai Rp. 40.000 kepada seluruh tamu undangan dan mahasiwa sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM.

Baca juga: Tambah 1, Kini Muhammadiyah Punya 82 Universitas

Bersamaan dengan hal tersebut UMJ melaksanakan penandatangan kerjasama MoU (Memorandum of Understanding) dengan Takaful Umum, KAI Logistic, Himpera, BSA Logistic Indonesia.

Deputi Direktur Bank Indonesia, Rita Nawangsari, dan Dirut KAI Logistik TLN Ahmad Malik Syah yang keduanya merupakan alumni FEB UMJ, memberikan sharing session kepada mahasiswa FEB UMJ terkait Pemberdayaan Umat Berbasis Ekonomi Syariah.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan daya saing dan peluang kerja sama. KAI Logistics bahkan memberikan kesempatan kepada mahasiswa UMJ untuk magang dan memberikan peluang bisnis untuk membuka jasa kurir/cargo.

Wakil Ketua DPR RI Rachmad Gobel turut menyampaikan pesan kepada peserta HBM IV untuk optimis membangun bangsa.

“Saya mengajak kepada keluarga besar Muhammadiyah di tanah air untuk bersama-sama bangkit, dan kita buat strategi atau perencanaan untuk menjawab masalah perekonomian," ujar Rachmad Gobel.

Bendahara Umum PP Muhammadiyah dan Dirjen Haji Kementerian Agama, Prof. Hilman Latief, dalam sesi terakhir menyampaikan makna ekosistem ekonomi haji yang menjadi bagian dari ekosistem ekonomi persyarikatan untuk memperkuat ekonomi umat.

Baca juga: Film Garapan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogya Borong 3 Penghargaan Nasional

Acara HBM IV juga dihadiri para mitra FEB seperti PT. Dexa Medica, KCP Bank Mega Syariah Bintaro, BSA Logistics Indonesia, Takaful Umum, Himperra, DPD Banten, Ramen Jonkira, serta Walikota Tangsel yang diwakili Istri Walikota, Camat Ciputat Timur, hingga Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com