Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen FK Unair: Waspadai Gejala Stroke Jika Alami Hal Ini

Kompas.com - 01/01/2023, 12:14 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Menjaga kesehatan adalah hal penting. Tapi bagaimana jadinya jika kita merasakan sakit di tubuh? Apa yang harus dilakukan?

Seperti ketika mengalami hal yang tidak biasa. Misalnya perubahan sikap secara tiba-tiba dari yang awalnya periang menjadi pendiam.

Ternyata hal ini adalah beberapa gejala lain dari penyakit stroke. Sebab, biasanya gejala stroke identik dengan gejala motorik seperti pelo atau kelumpuhan.

Demikian disampaikan Dokter Spesialis Radiologi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair), Dr. Anggraini Dwi Sensuati, dr., Sp.Rad(K). dalam tayangan Youtube Dokter Unair TV, Jumat (23/12/2022).

Baca juga: Akademisi UGM: Ini Penyebab, Gejala, dan Cara Cegah Stroke

Gejala stroke

Ia menjelaskan gejala lain seperti kehilangan fungsi kognisi atau fungsi berpikir. Serta dengan kehilangan daya ingat.

"Gejala stroke bermacam-macam tergantung saraf yang terkena. Tidak selalu disertai dengan gejala motorik atau kelumpuhan," ujarnya dikutip dari laman FK Unair.

Sedangkan gejala motorik stroke juga beragam. Agar mudah diingat, Dokter Anggarini menyingkatnya dengan SEGERA KE RS. Antara lain:

  • Senyum tidak simetris
  • Gerak separuh anggota tubuh melemah secara tiba-tiba
  • Kemudian tiba-tiba pelo
  • Bicara ngelantur hingga tidak dapat berbicara
  • Lalu kebas atau kesemutan
  • Rabun dan sakit kepala hebat yang tidak bisa dirasakan sebelumnya.

Karenanya jika sudah mengalami gejala-gejala di atas, ditambah seorang tersebut memiliki risiko seperti diabetes dan jantung, ataupun di atas usia 40 tahun, sebaiknya segera melakukan deteksi dini ke rumah sakit.

Baca juga: Mahasiswa ITS Gagas Platform Identifikasi Risiko Stroke

Karena stroke ini merupakan penyakit yang berkaitan dengan saraf otak. Yang terlambat sedikit penanganannya, kerusakan yang dihasilkan akan parah.

"Kematian sel neuron sangat bergantung pada waktu. Dalam sekali terjadi stroke, bisa 1,2 miliar sel saraf yang mati. Ini mempercepat 36 tahun penuaan," jelasnya.

Penanganan stroke

Ia mengatakan, pasien yang mengalami gejala-gejala di atas bisa datang ke rumah sakit yang memiliki fasilitas CT Scan.

Adapun CT Scan ini merupakan pemeriksaan radiologi dasar untuk mendeteksi gejala stroke atau penyakit lain.

Juga untuk mendeteksi apakah stroke ini disebabkan karena penyumbatan pembuluh darah atau pendarahan. Karena dua jenis stroke ini penanganannya berbeda.

Namun jika gejalanya lebih berat, dokter akan merekomendasikan untuk melakukan pemeriksaan MRI, pemeriksaan jantung (ECO Cardiografi) dan leher (USG Doppler Carotis).

Lantara stroke merupakan penyakit yang paling mematikan di Indonesia. Masyarakat harus lebih waspada dan peduli akan kesehatan.

Baca juga: Dokter RSA UGM: Yuk Kenali Gejala Stroke

"Karena stroke itu datangnya memang tiba-tiba. Kami sarankan setidaknya melakukan deteksi dini saat memasuki usia 40 tahun," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com