Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Rasanya Kuliah di Finlandia, Negara Paling Bahagia di Dunia

Kompas.com - 29/12/2022, 11:00 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Negara Finlandia kembali dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia,
menurut World Happiness Report (WHP) 2022.

Survei yang dilakukan WHP 2022 merupakan salah satu upaya pengukuran kebahagiaan yang diterbitkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa. Hasilnya, Finlandia meraih peringkat pertama selama lima tahun berturut-turut.

Bagi kamu yang berencana melanjutkan kuliah di Finlandia, berikut beberapa keunggulan dari negara paling bahagia tersebut, melansir laman Top Universities sesuai pengakuan alumnus pelajar internasional di Finlandia.

Baca juga: Beasiswa S2 ke Finlandia 2023, Kuliah di Negara Paling Bahagia Sedunia

5 Alasan memilih kuliah di Finlandia

1. Keseimbangan kehidupan kerja yang sehat

Alumnus University of Turku, Jonathan Murphy memutuskan untuk tinggal di Finlandia setelah lulus karena merasakan keseimbangan dalam kehidupan, khususnya dalam pekerjaan. Hal tersebut membawa dampak positif dalam kehidupannya.

“Pengalaman saya di Finlandia sejauh ini yakni adanya work hard, relax hard. Pekerjaan dan studi dianggap serius, tetapi selalu ada waktu untuk keluarga, liburan, dan kepentingan lain di luar kantor,” urai Jonathan.

2. Keindahan alam Finlandia

Damilya Zhaugasheva, seorang mahasiswa yang sedang menimba ilmu tahun kedua di Universitas Aalto yang berasal dari Kazakhstan mengakui keindahan alam Finlandia.

Baca juga: Harus Bergelar Master, Guru Jadi Kunci Sukses Pendidikan di Finlandia

“Saya penggemar berat alam Finlandia dan kedekatannya dengan daerah perkotaan. Setelah kelas, saya biasanya berjalan-jalan di lingkungan sekitar. Hanya butuh lima menit dan saya sudah berada di hutan kecil atau di sebelah laut dengan pemandangan yang indah,” beber Damilya.

Damilya menambahkan terbentang alam yang indah dan luas di Finlandia, termasuk di Universitas Turku.

Jonathan juga mengatakan dirinya sangat menikmati kecepatan hidup di Finlandia dan kedekatannya dengan alam. Dia tinggal di sebelah hutan dan hanya membutuhkan waktu 10 menit saja untuk sampai ke pusat kota.

Baca juga: Belajar Sesuai Karakter Anak Jadi Hal Penting Pendidikan di Finlandia

“Berasal dari kota kecil di Inggris, Turku merupakan kota berukuran sempurna. Kota tersebut tidak sesibuk atau semahal Helsinki. Sebagai ibu kota dari Finlandia, Helsinki menyediakan banyak makanan khas Finlandia dan memiliki kepulauan yang menakjubkan.

3. Sistem pemerintahan Finlandia yang tertata rapi

Hilyah Audah, seorang mahasiswa yang sedang melanjutkan kuliah S2 di Universitas Turku mengatakan sistem pemerintahan di negara Finlandia juga menjadi salah satu faktor penting.

Adanya infrastruktur negara yang mendukung semua kebutuhan dasar setiap orang, sehingga kamu tidak perlu berjuang keras hanya untuk bertahan hidup dan menyediakan makanan sehari-hari.

Baca juga: Kipina Indonesia: Memadukan Semangat Merdeka Belajar dan Pendidikan Finlandia

“Finlandia memiliki transportasi umum, perawatan kesehatan, layanan sosial yang sangat baik, dan bahkan kemudahan dalam hal pembayaran pajak. Saya juga suka betapa bersihnya udara di sini, dibandingkan dengan Jakarta tempat saya tinggal di Indonesia,” ujar Hilyah.

Jonathan menyebutkan manfaat berkeluarga di Finlandia.

“Dengan cuti orangtua yang murah hati dan biaya penitipan anak yang rendah, Finlandia adalah tempat yang tepat untuk membesarkan keluarga, dan sebagai orang tua baru,” ungkap Jonathan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com