Belajar Sesuai Karakter Anak Jadi Hal Penting Pendidikan di Finlandia

Kompas.com - 25/08/2021, 08:49 WIB
Sistem pendidikan di Finlandia menjadi bahasan menarik dalam acara Sahabat Belajar School from Home yang disiarkan secara live di Instagram Gramedia, Selasa (24/8/2021). Dok. GramediaSistem pendidikan di Finlandia menjadi bahasan menarik dalam acara Sahabat Belajar School from Home yang disiarkan secara live di Instagram Gramedia, Selasa (24/8/2021).
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pendidikan di Finlandia menjadi sesuatu yang selalu menarik untuk dibahas.

Bahkan negara kecil di benua Eropa ini dinilai berhasil membentuk sistem pendidikan dan menjadikan Finlandia sebagai barometer pendidikan dunia.

Finlandia juga bisa sukses dalam tes Programme for International Student Assessment atau PISA.

Kualitas pendidikan di Finlandia inilah yang membuat Ratih D Adiputri menulis buku Sistem Pendidikan di Finlandia, Catatan dan Pengalaman Seorang Ibu.

Perempuan asal Indonesia yang sudah tinggal di Finlandia lebih dari 12 tahun ini mengatakan, sistem pendidikan di Finlandia sebenarnya sama seperti di Indonesia.

Menurut Ratih, pendidikan di Finlandia masih tradisional dimana murid percaya dengan guru serta memberikan pelajaran di dalam di kelas.

Baca juga: Schlemmer Automotive Indonesia Buka Lowongan Kerja SMA/SMK dan S1

Belajar sesuai karakter anak didik

Namun pendidikan di Finlandia menjadi menarik karena pendidikan yang diterapkan bersifat menguatkan pendidikan bagi semua anak.

Selain itu di Finlandia, menekankan bahwa pendidikan seumur hidup atau belajar sepanjang hayat dan belajar sesuai karakter anak didik.

"Dan ini benar-benar dijalankan di sekolah, kelihatan sekali. Anak ini bedanya apa, dilihat satu per satu," kata Ratih dalam acara yang disiarkan di Instagram Gramedia, Selasa (24/8/2021).

Ratih menekankan, sebenarnya pendidikan di Indonesia sudah mirip dengan Finlandia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.