Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Ini Sosok Erina Gudono di Mata Para Guru SMAN 3 Yogyakarta

Kompas.com - 13/12/2022, 16:37 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Banyak orang ingin tahu sosok Erina Gudono yang kini sudah sah menjadi istri dari Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selain dikenal sebagai finalis Puteri Indonesia 2022 dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Erina Gudono punya segudang prestasi yang membanggakan.

Namun seperti apa sosok Erina Gudono di mata para guru saat dia mengenyam pendidikan di SMAN 3 Yogyakarta 8 tahun silam?

Perlu diketahui bahwa Erina Gudono merupakan alumnus SMAN 3 Yogyakarta, menempuh studi pada tahun 2012 dan lulus 2014.

Baca juga: Columbia University Pilihan Erina Gudono, Ini 7 Kampus Ivy League

Ada 4 guru SMAN 3 Yogya yang diundang Erina Gudono

Guru Matematika SMAN 3 Yogyakarta yang dulu mengajar Erina Gudono, Lilik Agustin Magdalena mengaku, dia terakhir berkomunikasi dengan Erina Gudono saat Erina masih bersekolah.

Sehingga dia cukup kaget karena ada salah satu dari tim persiapan pernikahan Erina Gudono yang datang ke rumahnya untuk mengantarkan undangan.

"Sebelumnya Erina japri saya lewat WhatsApp, meminta saya datang ke acara ngunduh mantu di Solo. Selain saya, ada tiga guru lainnya yang diundang yakni bu Rin guru Bimbingan Konseling (BK), guru Seni Rupa pak Fahmi dan Guru Fisika pak Ichwan," ungkap Lilik kepada Kompas.com, Selasa (13/12/2022).

Baca juga: Kemendikbud: 6 Profil Pendidikan Era 4.0, Perlu Diketahui Guru-Siswa

Erina dikenal pendiam dan pintar saat SMA

Erina Gudono (kiri) bersama temannya Priskila Irene setelah selesai ujian Matematika tahun 2012.DOK. SMAN 3 Yogyakarta Erina Gudono (kiri) bersama temannya Priskila Irene setelah selesai ujian Matematika tahun 2012.

Lilik menjelaskan, semua guru yang diundang ke acara pernikahan Erina Gudono dan Kaesang Pangarep memang dulu punya kedekatan dengan murid.

Lilik mengajar mata pelajaran Matematika saat Erina Gudono duduk di kelas XII. Sebagai guru Matematika, Lilik bahkan dikenal sebagai guru yang galak dan disiplin tapi mencoba tahu karakter anak.

"Saya ingat dulu Erina itu biasanya duduk di bagian tengah, pendiam, kalau disuruh ngerjain tugas ya dikerjakan," beber Lilik yang baru purna tugas Juli 2022 silam.

Lilik mengungkapkan, Erina Gudono merupakan murid yang pendiam dan pintar. Selain itu, Erina Gudono juga merupakan siswa yang tidak banyak tingkah.

"Waktu SMA Erina itu biasa-biasa saja dalam pergaulan, normalnya anak SMA pada umumnya. Di SMAN 3 Yogyakarta kan banyak siswa yang pintar-pintar dan saya sebagai guru Matematika Erina termasuk lumayan pinter," jelas Lilik.

Baca juga: 12 Beasiswa S2 yang Masih Sedikit Pendaftar, Mau Coba?

Dikenal sebagai siswa yang humble

Erina Gudono diterima di Columbia University, salah satu kampus Ivy League. DOK. laman Instagram pribadi Erina Gudono Erina Gudono diterima di Columbia University, salah satu kampus Ivy League.

Lilik menyampaikan, saat SMA karakter Erina belum terlalu menonjol dan belum terlihat ada ketertarikan mengikuti kontes kecantikan seperti Puteri Indonesia. 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com