Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Profil Columbia University, Kampus Ivy League Pilihan Erina Gudono

Kompas.com - 12/12/2022, 11:26 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Erina Gudono, istri Kaesang Pangarep ini ternyata kuliah di Columbia University atau Universitas Columbia yang masuk daftar Kampus Ivy League.

Kampus Ivy League adalah daftar kampus bergengsi secara akademis, paling elit di Amerika Serikat. Lulusan kampus Ivy League bahkan memiliki karier yang cemerlang dan otomatis bergaji tinggi.

Erina diterima di Columbia University menggunakan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Erina merupakan alumni kampus terbaik di Indonesia, Universitas Gadjah Mada (UGM) yang lulus pada 2018 dengan predikat Cumlaude.

Dalam unggahan di Instagram pribadinya, Erina pernah menujukkan surat penerimaan dari Columbia University pada 22 April 2021.

Erina diterima dalam dua program Master, yakni Master's of Public Administration dan Master's of Social Work. Erina sendiri mempersiapkan kuliah di luar negeri sejak 2018.

Baca juga: Kiat Erina Gudono Kuliah di Kampus Top Dunia: Belajar 30 Jam

Selain Erina Gudono, artis Tasya Kamila, Cinta Laura dan Mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Azyumardi Azra juga alumni Columbia University.

Kampus ini menduduki peringkat 11 dalam pemeringkatan Times Higher Education World University Rangkings (THE WUR) pada tahun 2023.

Universitas Columbia atau Columbia University adalah salah satu dari universitas yang paling terkenal di Amerika Serikat.

Universitas ini didirikan pada tahun 1754 sebagai King’s College, dan menerima piagam dari King of England George II.

Bahkan, ada banyak lulusan Columbia University yang menerima hadiah nobel serra menjadi presiden Amerika Serikat.

Tercatat, ada sekitar 60 orang lulusan Universitas Columbia memenangkan penghargaan Nobel. Contohnya, Harold C. Urey di bidang kimia, Isidor Isaac Rabi dan Polykarp Kusch di bidang fisika, Andre Cournand dan Dickinson Richards di bidang pengobatan, serta William Vickrey di bidang ekonomi.

Sementara lulusan yang terkenal dan berprestasi lainnya, seperti Presiden Amerika Serikat (AS) Franklin Delano Roosevelt dan Barack Obama.

Jurusan dan fakultas Columbia University

Universitas Columbia memiliki beberapa sekolah tinggi jenjang S1, seperti Sekolah Tinggi Colombia, Sekolah Teknik dan Ilmu Pengetahuan Terapan Yayasan Fu, dan Sekolah untuk Ilmu Pengetahuan Umum.

Jurusan untuk jenjang S1 sangat banyak. Contohnya Kedokteran, Teknik, Sejarah, Manajemen, dan daftar bidang studi yang ada bisa dicek di laman https://www.columbia.edu/.

Baca juga: Pendidikan Erina Gudono, dari UGM sampai Columbia University

Untuk jenjang S2 atau S3 juga ada lebih dari 13 jurusan Pascasarjana dan Sekolah Profesi, serta sekolah studi lanjutan.

Kemudian program riset terdapat di Jurusan Kedokteran, Sains, Seni, dan Humaniora.

Kemudian program akademisi pada bidang Seni dan Sains, Bisnis, Kedokteran, Jurnalistik, Pekerjaan Sosial, Keperawatan, dan Kesehatan Masyarakat.

Jurusan yang bisa diambil, seperti Arsitektur, Perencanaan dan Pelestarian, Seni dan Ilmu Pengetahuan, Sekolah untuk Kajian dan Urusan Hubungan Internasional. Lalu Sekolah Perawat, hingga Pascasarjana, Sekolah Pekerja Sosial dan Sekolah Seni.

Ada juga beberapa program yang dikhususkan untuk kajian Hubungan Internasional.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com