Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendidikan Erina Gudono, dari UGM sampai Columbia University

Kompas.com - 10/12/2022, 17:34 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Erina Gudono, istri Kaesang Pangarep putra bungsu Presiden Joko Widodo ini memiliki riwayat pendidikan yang tidak main-main.

Erina tercatat merupakan alumni SMAN 5 Yogyakarta dan setelah lulus dari jenjang menengah, Erina mulai mendaftar ke deretan kampus terbaik dunia.

Erina tercatat merupakan lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 2018 lalu dengan gelar cumlaude. Jurusan Erina, ialah Manajemen Keuangan.

Pemenang Putri Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 2022 ini mengikuti jejak sang ayah. Prof. Gudono, ayah Erina merupakan guru besar UGM dan sempat menjabat sebagai wakil rektor.

Meski dinyatakan lulus dari UGM, Erina enggan berhenti begitu saja. Ia kemudian mencoba mendaftar beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Baca juga: Kiat Erina Gudono Kuliah di Kampus Top Dunia: Belajar 30 Jam

Erina menggunakan beasiswa LPDP untuk mendaftar Columbia University. Namun tak cuma LPDP. Ternyata Erina pernah mendapatkan beberapa beasiswa bergengsi.

Seperti GenBI Bank Indonesia, Beasiswa Astra International, kemudian ia juga pernah mengikuti ajang XL Axiata Leaders, Young Leaders for Indonesia (YLI) dan Beasiswa Summer International Program Showa Women's University.

Dalam unggahan di Instagram pribadinya, Erina pernah menujukkan surat penerimaan dari Columbia University yang bertanggal 22 April 2021.

Erina diterima dalam dua program Master, yakni Master's of Public Administration dan Master's of Social Work. Erina sendiri mempersiapkan kuliah di luar negeri sejak 2018 lalu.

Cara Erina lolos kampus Top Dunia

Melansir akun Linked.in pribadinya, pada 2018, Erina Gudono juga pernah mengikuti program kelas Musim Panas di The Chinese University of Hongkong. Kelas musim panas ini bekerjasama dengan Harvard University.

"Jadi setelah proses yang lumayan panjang, Alhamdulillah aku dapat offer letter dan financial waiver dari Columbia Uni dan Harvard Graduate Edu," tulis Erina dalam IG story-nya yang diunggah 80-an pekan lalu.

Melalui highlight story Instagramnya, Erina menceritakan bagaimana pola belajarnya dengan durasi minimal 30 jam dalam sepekan.

"Jadi komitmen aku minimal belajar 30 jam seminggu di luar jam kerja," tulisnya sambil menampilkan foto tumpukan buku miliknya, dikutip dari highlight Instagramnya berjudul "Masters".

Cara Erina bisa belajar 30 jam seminggu, dengan membuat catatan mengenai materi-materi yang ia pelajari. Kemudian mencatat target dan membuat jam pelajaran sendiri.

"Bener-bener dicatet di timetable excel setiap hari belajar jam berapa. Terus kalau melebihi target jam aku ada self reward, terus kalau kurang aku ada self punishment (ngurangin jajan boba/kopi, jam belajar minggu berikutnya ditambahin) tapi paling penting harus happy jalanin prosesnya," tulis Erina. 

Baca juga: 10 Beasiswa Pemerintah Indonesia mulai SD, SMP, SMA, S1, S2, hingga S3

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com