Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/12/2022, 15:43 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber ITB

KOMPAS.com - Penyanyi solo wanita, Jinan Laetitia mendapatkan penghargaan di ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards 2022).

Ternyata, Jinan masih tercatat sebagai mahasiswi Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB).

Di ajang itu, Jinan mendapatkan piala penghargaan kategori Artis Solo Pria/Wanita R&B Kontemporer Terbaik.

Menurutnya, musik sudah dia kenal sejak kecil. Ini karena Jinan lahir dari keluarga pemusik. Yakni, ayahnya adalah seorang keyboardist.

Baca juga: Talkshow ITB Beberkan Tips Mengenali Potensi Diri

Ayah Jinan seorang pemusik

Ia gemar musik karena berawal dari ayahnya yang sering memutar musik jazz di rumah dan lantunan musik piano.

"Ayah aku seorang keyboardist dan sering muter lagu jazz jadi sudah terbiasa dengan musik sejak kecil," ujar Jinan dikutip dari laman ITB, Selasa (13/12/2022).

Jinan juga menceritakan bahwa pada 2019 menjadi titik awal bagi dirinya dalam bermusik. Ini berawal dari gubahan lagu menggunakan ukulele kesayangannya menjadikannya bermusik di bawah label musik Warner Musik Indonesia.

Lagu ciptaannya juga mendapat respons baik dari orang sekitarnya sehingga semakin memotivasi Jinan untuk mengembangkan terus karyanya.

Setelah beberapa lagu yang Jinan ciptakan ternyata didengar oleh label musik Warner Music Indonesia dan dikontrak hingga saat ini.

Baca juga: Ini Keunggulan Shelter Bambu Inovasi ITB bagi Korban Gempa Cianjur

"Awalnya iseng bikin lagu pake Ukulele terus diunggah di Soundcloud dan aku share ke teman-teman. Mereka suka dan nyaranin untuk diunggah di Spotify," tutur dia.

Meski demikian, Jinan tidak terpatok pada genre musik. Tetapi, dirinya ingin menciptakan lagu yang dirasa memiliki instrumen yang menarik dan enak dinyanyikan.

Sampai pada akhirnya, dia menjadi nominasi Artis Solo Pria/Wanita R&B Kontemporer di AMI Awards 2022. Dari sinilah Jinan menyadari jenis musik yang dia ciptakan R&B Kontemporer dan menjadikan single “Vanilla” memenangkan penghargaan tersebut.

Pesan Jinan: arah dan tujuan kita yang menentukan

Dia yang kini sedang menjalani kesibukan sebagai mahasiswa tingkat akhir, tetapi dia masih terus berkarya.

Ia mengatakan bahwa bakal meluncurkan single terbarunya yang direncanakan mulai melakukan proses syuting di Januari 2023.

Tak hanya itu saja, beberapa tawaran pertunjukan juga sedang dia jalani. Selain itu, setelah lulus kuliah Jinan mencoba memfokuskan untuk menekuni musik dan kajian seni.

Jinan memberi pesan bahwa 'just do what you love'.

Baca juga: Mahasiswa ITB Inovasi Prototipe Penjernih Air

 

"Jangan terpaku pada apa yang kita pelajari di kuliah aja. Dunia kerja tidak statis dan apa yang kita pelajari hanya jadi basis pikiran kita, selebihnya kita yang menentukan mau kemana arah dan tujuan kita," tandas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com