Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Waode Nurmuhaemin
Penulis

Praktisi pendidikan, penulis buku dan novel pendidikan

Sampai Kapan Melawan Stigma Oemar Bakrie?

Kompas.com - 26/11/2022, 10:52 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

SEBELUM program sertifikasi digulirkan, guru adalah profesi yang dipandang sebelah mata. Profesi ini lekat dengan stigma ”Oemar bakrie” PNS bergaji kecil, dengan sepeda kumbang butut.

Beda dulu, beda sekarang. Saat ini ini profesi guru naik kelas. Kehidupan guru jadi sejahtera. Jalanan diramaikan mobil milik guru-guru bersertifikasi.

Namun, terlepas dari gambaran mentereng kesejahteraan guru, masih banyak cerita pilu berhamburan menghujam negeri ini. Banyak guru honorer yang bergaji Rp 300.000 sebulan, bahkan Rp 100.000 sebulan.

Jumlah guru honorer sekolah tahun 2022 sebanyak 704.503 orang. Itu yang terdata secara resmi. Masih banyak guru-guru honorer yang tidak punya dapodik, mereka itulah yang bergaji Rp 300.000 sebulan, bahkan ada yang di bawah itu.

Pascakenaikan BBM, harga-harga kebutuhan pokok meroket. Dahulu, sebelum kenaikan BBM Rp 50.000 sudah bisa dipakai untuk satu hari.

Saat ini uang Rp 100.000 hanya cukup untuk beli ikan setengah kilo dan beras satu liter serta serta tiga liter bensin untuk transportasi.

Begitulah gaji guru honorer satu bulan hanya bisa dipakai untuk hidup satu hari. Dengan gambaran kesejahteraan guru honorer yang begitu horor, apakah tidak miris kita mengharapkan pendidikan kelas dunia?

Guru honorer di daerah-daerah khususnya daerah terpencil dan sekolah swasta memegang peranan yang sangat penting.

Guru-guru PNS bersertifikasi menumpuk dan tersentralisasi di kota-kota besar yang nyaman dan penuh fasilitas. Jumlah guru PNS sebanyak 1.520.354 orang.

Menurut data BKN, guru-guru PNS masih terkonsenrasi di Jawa. Jumlah sekolah di Indonesia ada 394.708 unit. Tidak semua sekolah-sekolah tersebut terjangkau tangan guru PNS.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+