Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Guru Besar IPB Masuk 100 Top Ilmuwan Terbaik Asia Bidang Marketing

Kompas.com - 04/11/2022, 18:00 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Dua guru besar Institut Pertanian Bogor (IPB) masuk dalam daftar pemeringkatan dunia AD Scientific Index untuk bidang ilmu marketing.

Mereka adalah Prof. Ujang Sumarwan dari Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia dan Prof. Mukhamad Najib dari Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM).

Baca juga: Sosok Vinka, Mahasiswa ITB Lulus dengan IPK Tertinggi 3,98

Dari sebanyak 1.185 ilmuwan bidang marketing yang masuk dalam perangkingan tingkat Asia, Prof. Ujang Sumarwan menduduki peringkat 58, sedangkan Prof. Mukhamad Najib menduduki peringkat 82.

Selain itu, berdasarkan kategori ilmu bisnis dan manajemen, kedua professor IPB ini masuk dalam Top 2 persen ilmuwan berpengaruh bidang bisnis dan manajemen di Indonesia.

Kiprah kedua profesor IPB ini dalam pengembangan keilmuan marketing tidak diragukan lagi.

Prof. Ujang Sumarwan saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekologi Manusia dan Presiden Asian Association of Consumer Interest and Marketing (AACIM). Sementara Prof Mukhamad Najib saat ini tengah bertugas sebagai Atase Pendidikan dan Kebudayaan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Canberra.

Keduanya aktif menulis di jurnal ilmiah bereputasi, baik tingkat nasional maupun internasional.

Selain itu, mereka aktif menyebarkan ilmunya melalui seminar, konferensi maupun tulisan-tulisan di media massa.

Menurut Prof Ujang, capaian ini bukan hasil kerjanya sendiri, melainkan ada kontribusi dari banyak pihak.

"Saya menyadari karya ilmiah yang berkualitas dan bermanfaat adalah hasil pemikiran bersama. Begitu juga karya-karya saya, itu merupakan hasil kolaborasi dengan banyak pihak termasuk mahasiswa dan kolega. Oleh karena itu saya mengucapkan banyak terimakasih kepada semuanya juga kepada IPB," ungkap dia dalam keterangannya, Jumat (4/11/2022).

Dia berharap capaian ini bisa menjadi referensi bagi para mahasiswa dan dosen muda.

Baca juga: 1 Pemain Timnas dan 2 Pemain Persebaya Masuk Kampus Ini

"Saya menaruh perhatian kepada para mahasiswa dan dosen muda yang ingin bergiat dalam ilmu pengetahuan. Semoga capaian ini bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi mereka, bahwa segala sesuatu yang ditekuni dengan sungguh-sungguh akan menghasilkan sesuatu yang baik di masa depan," tutur dia.

Prof. Najib berpendapat perangkingan ini merupakan refleksi dari jejak ilmiah yang selama ini telah diciptakan.

Tentu, sebut dia, setiap ilmuwan perlu meninggalkan jejak ilmiah yang bermanfaat bagi masyarakat maupun generasi yang akan datang.

"Oleh karena itu fokus saya dalam meneliti dan menulis bukan mengejar ranking, tapi bagaimana tulisan-tulisan saya bisa memberikan sumbangan bagi para pembelajar dimanapun mereka berada dalam memecahkan masalah," ucap Prof Najib.

Baca juga: 5 Makanan yang Ganggu Kesuburan Menurut Dosen UM Surabaya

Tak lupa, Prof. Najib berterima kasih atas dukungan semua pihak, khususnya mahasiswa dan tim dosen IPB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com