Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prof Nasih Dilantik Menjadi Ketua Forum Rektor, Ini 4 Catatan Penting Unkris

Kompas.com - 04/11/2022, 17:26 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Rektor Universitas Airlangga (Unair) Prof. Nasih secara resmi dilantik sebagai Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) periode 2022-2023 menggantikan Ketua FRI sebelumnya Prof. Panut Mulyono.

Pelantikan Prof. Nasih yang dilakukan bersamaan digelarnya Konferensi Forum Rektor Indonesia 2022 di Airlangga Convention Center (ACC) pada 29-30 Oktober tersebut dihadiri empat pejabat Menteri dan 345 rektor/pimpinan PT di Indonesia baik secara luring maupun daring.

Ketua FRI 2022 Prof. Nasih dalam pidato sambutan menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan 345 rektor/pimpinan PT yang hadir dalam konferensi FRI 2022.

“Kami berterimakasih para rektor telah mempercayakan jabatan ketua FRI kepada kami,” kata Prof Nasih.

Ia mengingatkan, FRI memiliki kedudukan strategis sebagai agen perubahan, sehingga penting menjalin kolaborasi antar perguruan tinggi. Kolaborasi ini penting untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia untuk mencapai kedaulatan pangan, energi dan obat-obatan.

“Di bidang lingkungan dan perubahan iklim, FRI akan melanjutkan program kerja penanaman 2 juta pohon di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, Mendikbudristek Nadiem Makarim yang hadir secara daring mengajak semua pimpinan perguruan tinggi untuk bergerak bersama, berkolaborasi dan bertransformasi untuk menyiapkan generasi unggul menyambut Indonesia Emas 2045.

Hal yang sama juga disampaikan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadir Effendy yang hadir di tengah-tengah para rektor. Muhadjir meminta agar kalangan perguruan tinggi cepat tanggap dengan perubahan yang terjadi di tengah masyarakat.

Baca juga: Forum Rektor: RUU Sisdiknas Harus Akomodasi dari Banyak Pihak

Selain Menteri Nadiem, Menteri Muhadjir Effendy, hadir memberikan sambutan Menkes Budi Gunadi Sadikin dan Menkopolhukam Mahfud MD.

4 catatan penting Unkris

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Universitas Krisnadwipayana (Unkris) Ayub Muktiono menyampaikan selamat atas terpilihnya Ketua FRI yang baru, Prof. Nasih.

“Kami mengucapkan selamat atas terpilihkan Prof Nasih sebagai Ketua FRI. Kami optimis bahwa di tangan beliau, FRI akan semakin solid dengan program dan kebijakan unggulannya,” kata Rektor Ayub.

Rektor Unkris yang hadir langsung dalam konferensi FRI tersebut melihat bagaimana para rektor dan pimpinan perguruan tinggi yang tergabung dalam FRI begitu solid dan saling dukung untuk kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia.

Beberapa catatan penting yang disampaikan Rektor Unkris antara lain;

1. Meningkatkan APK perguruan tinggi

 

Soliditas pimpinan perguruan tinggi ini menjadi modal penting tidak hanya untuk mendongkrak Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi, tetapi juga mencari solusi atas berbagai persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com