Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan yang Ganggu Kesuburan Menurut Dosen UM Surabaya

Kompas.com - 04/11/2022, 15:54 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi pasangan yang sudah menikah dan ingin segera mendapatkan momongan perlu menghindari makanan yang bisa mengganggu kesuburan.

Pasangan suami istri yang sedang menjalankan program hamil (promil) penting untuk mengetahui makanan apa saja yang mengganggu kesuburan seseorang.

Dosen Teknologi Laboratorium Medis (TLM) FIK Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) Firdausi Nuzula mengungkapkan 5 makanan yang bisa mengganggu kesuburan seseorang.

Simak informasinya hingga tuntas ya.

Baca juga: Intip 10 Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika

Makanan yang bisa ganggu kesuburan seseorang

1. Soda dan makanan tinggi gula

Firdausi mengatakan, makanan yang harus dihindari karena mengganggu kesuburan adalah soda dan makanan tinggi gula.

Firdausi menjelaskan, gula menyebabkan peradangan dan mengubah hormone (termasuk hormone reproduksi) dan menghambat ovulasi.

Gula tersembunyi di banyak makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Seperti dalam soda, minuman energi, dan banyak minuman manis yang lain.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman manis dengan jumlah banyak berdampak pada kualitas telur serta kualitas embrio pada wanita.

"Studi lain juga mengatakan bahwa minuman manis, terutama soda dan minuman energi, memiliki efek buruk pada kesuburan pria dan wanita," kata Firdausi seperti dikutip dari laman UM Surabaya, Jumat (4/11/2022).

Baca juga: Beasiswa Kagama 2022 Masih Dibuka, Dapat Tunjangan Hidup Rp 3 Juta

2. Fast food

Firdausi menerangkan, makanan lain yang harus dihindari pasangan yang sedang menjalankan promil adalah makanan fastfood atau makanan cepat saji.

Makanan cepat saji mengandung kadar lemak dan garam yang cukup tinggi. Keduanya diketahui dapat mengganggu ovulasi hingga menurunkan kesuburan wanita.

"Sebuah studi yang diterbitkan di PubMed pada tahun 2018 lalu menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi terlalu banyak makanan cepat saji dan kurang mengonsumsi buah segar lebih sulit untuk hamil," urai Firdausi.

3. Makanan mentah

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com