Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.047 Mahasiswa UNS Lulus Cumlaude, Ada 5 yang Lulus Termuda

Kompas.com - 31/10/2022, 16:30 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebanyak 1.047 mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dinyatakan lulus secara Cumlaude. Bahkan, 5 di antaranya lulus dengan usia termuda

Total mahasiswa yang wisuda pada periode V hari Sabtu (29/10/2022) adalah sebanyak 1.487 dan sudah seribu lebih yang mendapat predikat Cumlaude dengan IPK di atas rata-rata.

Selain IPK di atas rata-rata dan lulus dengan predikat Cumlaude, para wisudawan ini ada yang dinyatakan sebagai lulusan tercepat dan lulusan termuda.

Prof. Ahmad Yunus selaku Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS menyampaikan beberapa mahasiswa dari masing-masing jenjang memiliki capaian luar biasa.

Baca juga: Cerita Mahasiswa UM Surabaya Lulus Kuliah 3,5 Tahun dan IPK 4.00

Misalnya, pada program doktor, lulusan tercepat diraih oleh Dr. Gayatri Dyah Suprobowati dari Program Studi (Prodi) S-3 Ilmu Hukum dengan masa studi 2 tahun 1 bulan. Gayatri lulus program Doktor pada 22 Agustus 2022 dengan meraih IPK 3,81.

Kemudian, ada lulusan termuda program Doktor yang diraih oleh Dr. Luthfa Nugraheni dari Prodi S3 Pendidikan Bahasa Indonesia. Luthfa lulus pada usia 31 tahun 4 bulan.

Lulusan tercepat program Mmagister diraih oleh Delista Putri Deni dari Prodi S2 Teknik Sipil, dengan masa studi 1 tahun 1 bulan. Delista lulus pada 18 Agustus 2022 dengan meraih IPK 3,96.

Lulusan termuda program Magister diraih oleh Singgih Dwi Prasetyo dari Prodi S2 Teknik Mesin. Pria asli Kebumen ini lulus saat usia 22 tahun 10 bulan. 

Baca juga: Usia 19 Tahun Jadi Dokter dan S2 di Harvard, Ini Cerita Alumnus Unair

Adapun lulusan tercepat program Sarjana diraih oleh Farrah Ardia Ramadhani dari Prodi Kedokteran dengan masa studi 3 tahun 7 bulan. Farrah lulus pada 4 Februari 2022 dengan meraih IPK 3,39.

Lulusan termuda program sarjana diraih oleh Ahmad Sucipto, dari Prodi Informatika dengan usia sampai saat lulus adalah 20 tahun 3 bulan. Pria kelahiran Kediri ini lulus pada 27 Juli 2022.

Sementara pada jenjang Diploma IV, lulusan tercepat diraih oleh Rosana Alma Salsabella dari Prodi D4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Rosana lulus dengan masa studi 3 tahun 11 bulan dengan meraih IPK 3,79.

Lulusan termuda program Diploma IV diraih oleh Kholida Lathifatus Sulkha dari Prodi D4 Demografi dan Pencatatan Sipil. Kholida lulus pada usia 20 tahun 10 bulan.

Lulusan Cumladue lainnya adalah Hema Laillil Khasanah, lulusan tercepat Prodi D3 Manajemen Perdagangan dengan lama studi 2 tahun 10 bulan. Hema lulus pada 12 Mei 2022 dengan meraih IPK 3,72.

Lalu, lulusan termuda program Diploma III diraih oleh Sonia A’laina Shalihah dari Prodi D3 Perpajakan. Perempuan kelahiran Cilacap ini lulus dari UNS pada usia 19 tahun 10 bulan.

Prof. Ahmad Yunus menyampaikan para wisudawan tersebut berasal dari 9 Fakultas, 1 Sekolah Pascasarjana, dan 1 Sekolah Vokasi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com