Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut Asesmen Akreditasi Internasional, UIN Sunan Kalijaga Raih Rekor Muri

Kompas.com - 31/10/2022, 12:57 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Prestasi membanggakan kembali ditorehkan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yakni meraih rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri).

Adapun rekor itu atas Asesmen Lapangan Akreditasi Internasional FIBAA dengan program studi terbanyak yaitu sebanyak 18 prodi dalam waktu serentak.

Sebelumnya, UIN Sunan Kalijaga juga menjadi Universitas Islam pertama di Indonesia yang melaksanakan asesmen FIBAA.

Untuk penganugerahan rekor Muri itu digelar di kampus setempat dan disiarkan secara daring, Kamis (27/10/2022).

Baca juga: 2 Prodi USK Raih Akreditasi Unggul, Jamin Lahirkan Dokter Spesialis Berkualitas

Rekor Muri kedua bagi UIN Sunan Kalijaga

Penghargaan ini merupakan penghargaan rekor Muri kedua yang diterima UIN Sunan Kalijaga, setelah sebelumnya Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga mendapat anugrah serupa.

Yakni sebagai perpustakaan berteknologi RFID (Radio Frequency Indentification) pertama di Indonesia pada Desember 2013.

Menurut Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil. Al Makin, M.A., ini semua berkat usaha bersama dari sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga.

"2 tahun kami bekerja keras untuk menyukseskan assessment ini, dukungan tidak hanya datang dari internal UIN Sunan Kalijaga saja, melainkan juga dukungan dari pihak luar," ujarnya dikutip dari laman UIN Sunan Kalijaga.

"Kami sangat mengapresiasi rekor Muri ini dan mari kita rayakan dengan penuh syukur," ungkapnya.

Baca juga: Mahasiswa Polines Inovasi Sendok Penghitung Kalori

Penyerahan penghargaan rekor Muri diserahkan langsung oleh Executive Manager, Sri Widayanti kepada Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil. Al Makin, M.A. dengan sertifikat dan medali sebagai simbol UIN Sunan Kalijaga sukses melaksanakan assessmen FIBAA dengan 18 prodi secara serentak.

Tingkatkan kualitas pendidikan Indonesia

Sementara Sri Widayanti turut bangga atas pencapaian UIN Sunan Kalijaga yang telah memberikan inspirasi karsa dan karya demi mengibarkan kebanggaan nasional.

"Saya berharap, UIN Sunan Kalijaga mampu menjadi contoh bagi universitas lain dalam merefleksikan kebaikan dan semangat terbaik dalam mengembangkan label internasional, guna meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia," harapnya.

Lembaga Akreditasi Internasional FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation) merupakan lembaga atau Badan Akreditasi di Eropa yang diakui di semua negara berbahasa Jerman (Jerman-Swiss-Austria).

Lembaga ini berorientasi internasional untuk penjaminan dan pengembangan kualitas dalam pendidikan tinggi.

Baca juga: Mahasiswa KKN UNY Inovasi Penjernih Air Sederhana

Bahkan telah diakui oleh Direktorat Jenderal Tinggi Kemendikbud Ristek RI, sesuai dengan Keputusan Mendikbud Ristek RI No. 83/P/2020 tentang Lembaga Akreditasi Internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com