Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

UPI Berperan Aktif Sukseskan Program-program Kemendikbud Ristek

Kompas.com - 26/10/2022, 15:15 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) berperan aktif dalam menyukseskan berbagai kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Peran aktif UPI mengacu pada Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3/ M/ 2021 tentang Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri.

Terdapat delapan indikator dalam keputusan menteri itu, yakni lulusan mendapat pekerjaan yang layak, mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, dosen berkegiatan di luar kampus, praktisi mengajar di dalam kampus,

Kemudian ada hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat atau mendapat rekognisi internasional, program studi bekerja sama dengan mitra kelas dunia, kelas kolaboratif dan partisipatif, serta program studi berstandar internasional.

Pada delapan kategori itu, UPI memiliki pengalaman yang menginspirasi bagi setiap mahasiswanya untuk memberikan dampak besar terhadap transformasi pendidikan tinggi pada capaian indikator kinerja utama (IKU).

Baca juga: Selama 2 Tahun, Kemendikbud Ristek Rekrut 600.000 PPPK Guru

Salah satunya adalah mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus dengan menghabiskan paling sedikit 20 (dua puluh) sks di luar kampus.

Pada capaian IKU 2 itu, UPI mengikuti kebijakan pemerintah yang berpedoman pada kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui berbagai kegiatan.

Mulai dari magang atau praktik kerja, proyek di desa, mengajar di sekolah, pertukaran pelajar, penelitian atau riset, kegiatan wirausaha, studi atau proyek independen, serta proyek kemanusiaan.

UPI berpartisipasi aktif mengikuti empat program MBKM yang ditawarkan Kemdikbud Ristek pada 2022, yaitu Magang dan Studi Independent (MSIB), Program Indonesian International Student Mobility Award (IISMA), Kampus Mengajar, serta Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

Di samping itu, UPI Melalui Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan melibatkan sejumlah unit kerja guna menyukseskan implementasi program MBKM Magang dan Studi Independent (MSIB) yang dikoordinasikan oleh Badan Bimbingan Konseling dan Pengembangan Karir (BKPK).

Baca juga: Kemendikbud Ristek: Rekrutmen PPPK Guru Akan Rampung pada 2023

Kemudian ada juga program Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) yang dikoordinasikan oleh Direktorat Urusan Internasional atau Direktorat International Affair (DIA).

Selanjutnya adalah program Kampus Mengajar dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka yang dikoordinasikan oleh Direktorat Pendidikan.

Magang dan Studi Independent (MSIB)

Program MBKM magang bersertifikat dan studi independen merupakan bentuk magang dalam rangka meningkatkan pengalaman dan kompetensi kerja mahasiswa di dunia industri dan profesi nyata agar memiliki kesiapan dalam bekerja.

Jumlah mahasiswa UPI yang lolos seleksi pada program MSIB Batch 3 tahun akademik 2022/ 2023 semester ganjil sebanyak 1069 orang dari 1800 pelamar.

Pada program MSIB Batch 3, UPI meraih peringkat pertama sebagai peserta terbanyak Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) secara nasional.

Baca juga: 3 Museum Baru Diluncurkan Kemendikbud Ristek, Mari Berkunjung

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com